Connect with us

PENDIDIKAN

Cegah Kebocoran Soal, Dispendikbud Situbondo Perketat Naskah UN Tingkat SLTP

Published

on

SITUBONDO, Lingkaran.Net- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo tengah disibukkan dengan pengamanan naskah Ujian Nasional (UN) tingkat SLTP berbasis kertas. Selasa, (17/04/2018)

Naskah UN berbasis kertas yang diterima langsung oleh kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo DR. Fathorrachman, M. Pd langsung diamankan di gudang data yang disaksikan oleh anggota Polres Situbondo. Hal ini mengantisipasi terjadinya kebocoran soal saat ujian berlangsung.

Menurut Dr. Fathorracman, Ujian nasional tingkat SLTP tahun 2018 dibagi menjadi dua bagian. Ujian Nasional berbasis kertas dan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

“Terdapat 188 sekolah penyelenggara UN, yang mana UN tahun 2018 ini terbagi menjadi dua model. Model pertama UN berbasis kertas diikuti 8 lembaga yang tersebar di wilayah timur diantaranya, lembaga pendidikan Sunan Bonang Kecamatan Arjasa dan 7 lembaga di wilayah barat, salah satunya SD-SMP satu atap,” terangnya

“Seluruh Reguler dan Mts semuanya melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tahun ini Mts lebih hebat dari tahun lalu karena telah membangun integritas untuk bisa melaksanakan UN Berbasis Komputer,” tambah Fathorrachman.

Masih dikatakan Fathor, pelaksanaan UN sendiri merupakan tolak ukur keberhasilan lembaga pendidikan, dan salama ini pemerintah telah melakukan perbaikan terhadap kompetensi guru untuk mengoptimalisasi hasil UN siswa.

“Instansi terkait baik Kemenag maupun Dinas Pendidikan harus memperhatikan sarana prasarana sekolah terutama yang melaksanakan UNBK,” terangnya

“Adapun jumlah murid SMP sederajat yang mengikuti UN tahun ini sebanyak 10.500 murid, termasuk di dalamnya peserta ujian kejar paket,” pungkas Fathorracman

Uday

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


PENGADUAN ONLINE

RUANG IKLAN ANDA

Arsip

Kategori