Connect with us

NASIONAL

Insiden Kartu Kuning Di Universitas Indonesia, Saat Jokowi Hadiri Acara Dies Natalis Ke-68 UI

Published

on

DEPOK, lingkaran.net – ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) dihadiahi ‘kartu kuning’ oleh seorang yang diduga mahasiswa Universitas Indonesia (UI) saat menghadiri acara Dies Natalis ke-68 UI dan Peresmian Forum Kebangsaan UI‎.

Peristiwa itu ‎bermula saat Kepala Negara baru saja selesai memberikan pidato sambutannya. Kala itu, pria yang menggenakan batik lengan panjang berwarna merah itu tiba-tiba berdiri di tengah tamu yang hadir. Kemudian ia maju hingga ke baris depan sambil mengacungkan sebuah buku berwarna kuning.

Baca Juga Gak kala menarikHutomo Mandala Putra ” Tommy soehartoSoeharto ” Hadiri Panen Cabe, Berinteraksi Bersama Para Petani di Banyuwangi.

Salah seorang mahasiswa UI yang ditemui usai acara membenarkan bahwa pemuda yang diamankan tersebut merupakan mahasiswa dari kampus yang dikenal dengan almamaternya berwarna kuning tersebut.

“‎Iya benar tadi mahasiswa yang diamanin,” kata mahasiswa yang enggah disebutkan namanya di Balairung UI, Depok, Jawa Barat, Jumat (2/2/2018).

Baca Juga Gak kala menarik: Saksi Utama ” Wartawan Wedus,… KAPOLSEK ,Kompol SUROSO diduga Rekayasa Sembunyikan Yudi.

Dia menduga, mahasiswa tersebut merupakan Ketua BEM UI 2018 bernama Zaadit Taqwa. Lebih lanjut, kata dia, buku kuning yang diacungkan ke arah Presiden Jokowi itu merupakan buku paduan suara yang dikeluaran UI.

“Iya itu buku paduan suara. Warnanya kuning. Maksudnya itu dia kayak kasih kartu kuning ke arah pak Jokowi,” ucap mahasiswa tersebut.

‎Seperti diketahui, atas aksi pemberian ‘kartu kuning’ kepada Kepala Negara pemuda itu harus berurusan dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang menggiringnya ke belakang barisan tamu yang hadir.

Tidak ada perlawanan dari mahasiswa yang digiring keluar itu. Tak ada perlakuan kasar dari Paspampres meski kemudian mahasiswa tersebut diminta ke luar ruangan oleh Paspampres. Sedangkan peserta lain tetap berada di lokasi.

Pihak Istana mengatakan bahwa Presiden Jokowi tidak merasa risih akibat insiden ‘kartu kuning’ yang diacungkan mahasiswa UI. Namun akibat insiden itu, Jokowi batal menemui perwakilan BEM UI.

“Dari awal memang sudah ada agenda Presiden ketemu BEM UI itu selepas acara. Tapi acara itu batal karena aksi tersebut,” ujar Staf Khusus Bidang Komunikasi Presiden, Johan Budi SP kepada wartawan, Jumat (2/2/2018).

Peristiwa itu terjadi seusai Jokowi orasi ilmiah dalam dies natalis ke-68 UI di Balairung, Depok, Jabar, hari ini. Johan mengatakan bahwa benda berwarna kuning itu adalah buku. (red)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


PENGADUAN ONLINE


: aduan@lingkaran.net

: 0821 3963 6484

RUANG IKLAN ANDA

Arsip

Kategori