Connect with us
[metaslider id="4417"]

PENDIDIKAN

Jajaran Polrestabes Surabaya Kuliah S2 di Kampus UNAIR

KORLIP lingkaran.net

Published

on

Nampak Kapolrestabes Surabaya di kampus B Universitas Airlangga.

Surabaya, lingkaran.net – Di era keterbukaan informasi seperti saat ini, dimana masyarakat atau publik sudah semakin kritis terhadap pemberitaan, maka peran humas sangat penting sebagai layanan publik untuk memberikan informasi yang jelas dan sesuai fakta yang ada di Instansi atau Kementrian atau lembaga.

Keberadaan humas sangat dibutuhkan dan penting untuk membangun dan menjaga adanya saling pengertian antar organisasi dengan stakeholder dan masyarakat umum, dengan tujuan menyangkut tiga hal yaitu reputasi, citra dan komunikasi mutual benefit relationship.

Hal ini menjadi perhatian Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, SIK, SH, MH bahwa kehumasan memegang peranan penting menaikkan reputasi dan citra suatu Institusi dalam hal ini Polrestabes Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, SH, SIK, MH menjadi narasumber di Kampus B UNAIR.

Untuk menambah Ilmu Pengetahuan di bidang Kehumasan, Polrestabes Surabaya dan jajaran mengikuti perkuliahan S2 Media dan komunikasi bertempat di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Airlangga Surabaya, Selasa (10/04/18).

“Kami telah berbuat dan kami layak dipercaya oleh masyarakat” tegas Kombes Pol Rudi.

Dengan adanya kegiatan ini, apa yang telah dilakukan Polrestabes Surabaya terhadap masyarakat Kota Surabaya dapat dikomunikasikan dengan baik sehingga tumbuh citra Polri yang baik sesuai semboyan Melayani, Melindungi dan Mengayomi masyarakat “ tambahnya.

Menurut Ibu DR. Santi Isnaini, SSos Kaprodi S2 Media dan Komunikasi FISIP Unair mengatakan bahwa kegiatan perkuliahan yang melibatkan Universitas Airlangga dengan Polrestabes Surabaya ini merupakan pertama kali dilakukan.

Hal ini sebagai langkah awal untuk melaksanakan kegiatan kerjasama lanjutan agar ke depan fungsi kehumasan pada Polrestabes Surabaya dapat berjalan optimal.

Pakar Komunikasi Universitas Airlangga sekaligus Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) Unair mengatakan dengan adanya kerjasama ini Polrestabes Surabaya dan jajaran dapat menjalankan tugasnya dengan humanis dan ilmiah.

Dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Polri, maka status WBM yang dimiliki Polrestabes Surabaya dapat meningkat menjadi status WBBM,” terangnya. ( Sabairi )

Share this
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

PENDIDIKAN

Menghadapi Revolusi Industri Keempat, ITS Siapkan 10 Strategi Utama

KORLIP lingkaran.net

Published

on

Wakil rektor IV ITS, Profesor Ketut Buda Artana menyampaikan strategi ITS menghadapi Revolusi industri keempat.

Surabaya, lingkaran.net-
Disruption Era akibat revolusi industri keempat (Revolusi Industri 4.0) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pun menyiapkan 10 strategi utama sebagai upaya adaptasi terhadap berbagai pengaruh Revolusi Industri (RI) 4.0 tersebut.

Kesepuluh strategi ini dipaparkan dalam Press Conference di Rektorat ITS, Selasa (24/4/2018). Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MScES PhD, menyampaikan bahwa RI 4.0 mengakibatkan disrupsi sistem yang selama ini telah berlangsung, termasuk di dalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta pendidikan tinggi.

“Karena itu, ITS harus mampu memilih sikap dan strategi yang benar dalam upaya membuat bangsa Indonesia mampu bertahan menghadapi era ini (RI 4.0, red),” tutur Joni di hadapan awak media dan jajaran pimpinan ITS.

Selain itu, lanjutnya, sebagai PTN badan hukum yang memiliki tanggung jawab dalam pembangunan nasional, ITS harus menunjukkan peran yang signifikan dalam RI 4.0 ini khususnya dalam bidang sains dan teknologi. “Salah satunya dengan berupaya menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan berperan di era Revolusi Industri ini,” katanya.

Sementara, Wakil Rektor ITS bidang penelitian, inovasi dan Kerja sama ITS Prof Dr Ketut Buda Artana ST MSc menyampaikan, untuk beradaptasi terhadap revolusi industri ini pemerintah RI telah meluncurkan roadmap indust (4/4/2018) lalu di Jakarta.

“Roadmap industri 4.0 ini merupakan peta jalan pemerintah untuk menuju ekonomi digital dan diharapkan mampu mendukung perekonomian,” ungkap guru besar teknik sistem perkapalan ini.

Menurut Ketut, guna mendukung upaya pemerintah merespon era RI 4.0 ini, ITS menetapkan 10 strategi utama dengan memfokuskan penyelarasan hal antara lain Digitalpreneurship; Distance Learning; IT Infrastructure/E-services/Smart Campus; Lifelong Learning; Global Network for Academic, Research and Innovation; IOT/Big Data/Intelegence Machine; Character Building 4.0; Teaching Industry; Allignment to Industry and Public Needs_; dan Adaptive Environment.

Digital preneurship, berfokus pada upaya menumbuh kembangkan kewirausahaan berbasis digital melalui penyelarasan kurikulum. Pemberdayaan digital co-working space, menghubungkan dengan sumber-sumber pendanaan dan pasar bagi startup berbasis digital, serta menyediakan digital market place untuk memasarkan hasil inovasi dan produk sivitas akademika ITS.

Distance Learning, memberdayakan sistem dan infrastruktur pembelajaran jarak jauh yang selama ini telah ada di ITS (Share ITS), termasuk di dalamnya adalah sistem transfer kredit yang fleksibel serta perbaikan infrastruktur IT untuk mendukung penuatan distance learning.

IT Infrastructure/E-services/Smart Campus, penguatan ITS sebagai smart campus dengan sistem informasi dan layanan berbasis digital dan paperless yang diharapkan dapat menguatkan kinerja akademik dan efisiensi.

Lifelong Learning, menyediakan sistem pembelajaran seumur hidup yang memungkinkan penguatan akademik dan kompetensi yang lebih fleksible. Bukan hanya untuk mahasiswa ITS, namun juga untuk masyarakat umum sehingga mampu meningkatkan daya saing SDM nasional. Penguatan ini tidak hanya melalui program akademik dengan menyiapkan sistem pendidikan yang lebih fleksibel, namun juga pada kegiatan pelatihan dan magang dalam upaya penguatan ketrampilan dan kompetensi.

Global Network for Academic, Research and Innovation_, penguatan program akademik dan riset serta inovasi dengan makin menumbuhkan iklim kolaborasi dengan lembaga nasional dan internasional melalui joint degree program, joint research, akreditasi ITS dari lembaga internasional, peningkatan mobilitas dosen dan mahasiswa serta tenaga kependidikan.

IoT/Big Data/Intelegence Machine, mengarahkan sumber daya riset dan inovasi untuk mendukung pengembangan Internet of Things (IoT), Big Data dan intelegence machine yang dapat mendukung bidang riset stategis di ITS yaitu bidang maritim, ICT dan robotika, lingkungan dan pemukiman, energi-otomotif, sains-material dan nano teknologi, industri kreatif serta kebumian, manajemen bencana dan perubahan iklim.

Character Building 4.0, membekali lulusan ITS dengan karakter cerdas, amanah dan kreatif termasuk di dalamnya upaya peningkatan aspek 5C yakni creative, cognitive, collaborative, competence, cohesiveness.

Teaching Industry, penguatan kegiatan hilirisasi di teaching industry atau Science and Techno Park (STP) ITS untuk mendukung arah pengembangan prototipe skala industri, kerjasama dengan industri, paten, inkubasi, seed capital, training/certification serta pembinaan UMKM agar dapat mendukung industri nasional.

Alignment to Industry and Public Needs_, penyelarasan kurikulum, riset dan inovasi, pengembangan karakter, sistem pembelajaran, dan infrastruktur dan jejaring yang menyesuaikan dengan kebuhan masyarakat dan dunia industri.

Bahwa Adaptive Environment memastikan sistem akademik, inovasi, riset, sistem pembelajaran, serta dukungan infrastruktur yang dikembangan di ITS mampu beradaptasi dengan perubahan yang sedemikian cepat sehingga memberi lingkungan yang adaptif bagi terbentuknya lulusan dan SDM yang kompetitif dan berkarakter.

Kemudian, Ketut menyampaikan kesepuluh strategi utama di atas tersebut telah selaras dengan dokumen perencanaan ITS, baik Rencana Strategis Lima Tahun ITS dan Rencana Induk Pengembangan ITS dalam 25 tahun ke depan.

Sedangkan upaya sosialisasi kepada semua sivitas akademika ITS, alumni dan masyarakat umum, implementasi melalui program rutin dan pengembangan, serta monitoring akan dilaksanakan untuk menjamin bahwa pelaksanaannya memberikan kemanfaatan yang sebesar-besarnya bagi upaya penguatan lulusan serta kontribusi bagi bangsa dan penguatan ITS sebagai World Class University. (Firman)

Share this
Continue Reading

PENDIDIKAN

Tekankan Inovasi, Gubernur Jatim Ingin Pendidikan Tingkat SMA lebih Maju

KORLIP lingkaran.net

Published

on

Foto : Gubernur Jatim saat memberikan sambutan kepada seluruh Kepala Sekolah SMA baik sekolah negeri maupun swasta di Hotel Mercure, Surabaya.

Surabaya, lingkaran.net- Kita harus berani dan berinovasi. Dua kata yang selalu ditekankan Gubernur Jawa Timur dalam pidato di acara rapat koordinasi Kepala Sekolah SMAN Se-Jawa Timur (Jatim) dimulai hari Senin (23/04/2018) pagi.

Rapat yang dibuka Gubernur Jawa Timur, H. Sukarwo, dilaksanakan di Hotel Mercure-Grand Mirrama, Jalan Raya Darmo nomor 68-78, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya. Acara tersebut dihadiri sekitar 1000 peserta. Tepat Pukul 10.00 WIB para peserta yang terdiri dari kepala SMAN maupun SMA swasta Se-Jatim ini telah memadati ballroom hotel Mercure tersebut untuk mengikuti acara rapat tersebut selama tiga hari (23-26/04/2018).

Dalam sambutannya Pakde Karwo, panggilan H. Sukarwo, dirinya menginginkan para kepala sekolah SMA yang hadir dalam rapat tersebut harus memiliki inovasi-inovasi yang dapat memajukan SMA masing-masing.

Insert : Gubernur Jatim, Pakde Karwo saat memberikan keterangan kepada rekan-rekan media di Hotel Mercure, Surabaya.


Orang nomor satu di Jatim tersebut menuturkan kita sebagai kepala sekolah yang tingkatan paling tinggi jangan ragu untuk selalu mencetuskan ide-ide kreatif, berinovatif. Ide-ide tersebut ditujukan untuk para murid SMA mempunyai kegitan positif di sekolah.

“Kita harus memiliki ide-ide kreatif dan inovatif untuk anak didik kita. Dengan ide-ide yang seperti itu, kita sebagai pengajar tingkat akhir bisa mengarahkan anak didik kita sebagai orang berkarakter,” kata pria berkacamata tersebut.

Acara pembukaan tersebut dilanjutkan dengan pemukulan gong secara simbolik. Paduan suara SMAK Petra IV Sidoarjo sebagai penutup dari acara pembukaan rapat koordinasi Kepala Sekolah SMA Se- Jatim tersebut.

Acara pembukaan rapat koordinasi Kepala Sekolah SMA Se-Jatim tersebut berjalan lancar, aman, dan kondusif. (Yasmin/man)

Share this
Continue Reading

PENDIDIKAN

Bimtek Dapodik Tahun 2018

lingkaran.net

Published

on

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Mengadakan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Dapodik Tahun 2018 Bertempat Di Hotel Bromo Park

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur melalui Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah Kabupaten dan Kota Probolinggo mengadakan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Dapodik Tahun 2018 bertempat di hotel Bromo Park Kamis (19/04/18) lalu. Acara pemantapan tersebut dihadiri dari 50 peserta dari SMK dan SMA di wilayah kota/kabupaten Probolinggo.

Acara Bimtek ini dalam rangka pemuktahiran data pokok pendidikan sekolah di Jawa Timur. Maka Dinas Pendidikan provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan bimtek dengan tema “Bimtek Pemuktahiran Dapodik Sekolah Tahun 2018” Acara ini dibuka oleh Nanang Wibisono selaku KK Datadik Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Nanang saat dikonfirmasi beliau menyampaikan bahwa tujuan dari diadakannya acara pemantapan Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kemampuan operator dalam penggunaaan aplikasi itu sendiri serta memiliki pemahaman yang sama dalam penggunaaannya.

Penggunaan aplikasi Dapodik dapat berjalan dengan baik, maka perlu disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dalam mengoperasikan aplikasi Dapodik. Dan untuk maksud itu pula kegiatan bimbingan teknis ini dilaksanakan. Bimtek ini juga bertujuan memberikan pemahaman kepada operator tentang mengatasi bagaimana jika menemui kendala sistem sehingga dengan ini diharapkan operator dapat memberikan informasi dan data sekolah dengan mudah tanpa menemui satu kendala apapun, imbuhnya.

Malik salah satu peserta bimtek saat diwawancarai awak media lingkaran.net, beliau mengatakan sangat senang dan berterima kasih kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dengan diadakannya kegiatan “Bimtek Pemuktahiran Dapodik Sekolah Tahun 2018”. Beliau juga berharap agar kegiatan seperti ini sering diadakan sehingga operator paham betul dan mengikuti perkembangan program yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. (Tim)

Share this
Continue Reading

PENGADUAN ONLINE

RUANG IKLAN ANDA

Arsip

Kategori

Trending

error: Content is protected !!