Connect with us

HUKRIM

KPK Bantah Minta Setya Novanto Ajukan Justice Collaborator

Published

on

Setya Novanto disebut mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC) atas permintaan ‘orang tertentu’. Bahkan, pengacara Novanto, Maqdir Ismail, menyebut bila KPK yang justru meminta Novanto menjadi justice collaborator, benarkah?

“Pada dasarnya JC itu berdasarkan pengajuan,” ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah saat dimintai konfirmasi, Senin (15/1/2018).

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah membantah pernyataan kuasa hukum Setya Novanto (SN) soal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah pihak yang meminta Setya Novanto untuk mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC).

Sebelumnya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (15/1/2018) kuasa hukum Setya Novanto, Maqdir Ismail seolah mengarahkan KPK yang meminta kliennya agar menjadi JC ketika ditanya wartawan.

“Silahkan tanya kepada KPK ajalah, apakah betul mereka pernah meminta atau tidak. Itu jauh lebih baik dari pada saya yang ngomong, saya salah nanti, saya nggak mau,” ungkap Maqdir.

Menanggapi itu, Febri membantah tudingan tersebut.

Ditegaskan Febri, pengajuan JC sepenuhnya adalah hak tersangka atau terdakwa.

“‎Pengajuan JC itu berdasarkan pengajuan, justru kami belum tentu akan menerima JC karena masih dipelajari,” katanya.

Ditegaskan Febri, pihaknya tidak pernah meminta kepada tersangka manapun untuk mengajukan JC.
“Karena JC pun berdasarkan pengajuan dan syarat dikabulkan harus memenuhi kondisi tertentu,” kata Febri.

Febri menambahkan ‎yang biasanya dilakukan adalah pemberian informasi hak tersangka, termasuk diantaranya tentang JC sesuai dengan aturan yang sudah ada. Ya atau tidak tergantung tersangka mau mengajukan atau tidak.

“SN sudah mengajukan secara formal ke Komisi Pemberantasan Korupsi, kami masih perlu proses analisis yang mendalam untuk memutuskan dikabulkan atau tidak,” katanya. (Red)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


PENGADUAN ONLINE


: [email protected]

: 0821 3963 6484

RUANG IKLAN

Arsip

Kategori

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com