Connect with us

PENDIDIKAN

Penanaman Sejuta Pohon SMKN 3 PROBOLINGGO.

Published

on

PROBOLINGGO, lingkaran.net -Dengan menumbuh kembangkan semangat jiwa peduli lingkungan  terkait menjaga dan melestarikan lingkungan hidup maka SMKN 3 PROBOLINGGO mengajak seluruh elemen warga,sekolah mulai dari guru dan siswa siswi untuk berpartisipasi dalam program penanaman sejuta pohon. Bahwasanya tanpa pohon semua makhluk tidak akan dapat berkembang biak secara wajar, lingkungan yang rusak menjadikan habitat makhluk hidup terancam populasinya. Manfaat penanaman pohon adalah untuk menambah tutupan lahan dan hutan guna mencegah longsor maupun banjir di musim penghujan,Selain itu fungsi penanaman pohon ikut andil sebagai paru-paru dunia yang menyerap karbondioksida yang merupakan penyebab dari perubahan iklim. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan pada lahan kritis, serta hutan kota.

Dengan rangkaian acara diawali kegiatan jalan sehat yang secara langsung dilepas oleh Kepala Sekolah SMKN 3 PROBOLINGGO seluruh peserta tampak semangat mengikuti jalan sehat yang rutenya telah ditentukan oleh panitia dan dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon disekitar lingkungan sekolah acara semakin meriah dengan pengundian kupon hadiah kepada peserta jalan sehat yang hadiahnya swadaya dari dewan guru. Tidak hanya berhenti sampai pada kegiatan jalan sehat saja pihak sekolah juga mengajak siswa siswi untuk mengekspresikan imajinasinya dan menuangkan ide kreatifnya melalui lomba Mading antar kelas.

Dengan adanya kegiatan penanaman sejuta pohon diharapkan dapat memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup dan menjaga ekosistem yang ada di sekitar kita kepada semua pihak khususnya warga sekolah SMKN 3 PROBOLINGGO. Acara dilanjutkan dengan penanaman bunga hias dan tanaman toga dilingkungan sekolah bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa siswi yang nantinya diharapkan agar bisa memanfaatkan lahan yang kosong untuk hal yang bermanfaat dan memperindah lingkungan sekitar kita baik disekolah maupun di lingkungan rumahnya. Kegiatan menanam pohon ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat serta memberikan manfaat sosial, ekonomi, dan kelestarian lingkungan bagi kelangsungan kehidupan manusia generasi sekarang dan masa mendatang.

Setelah kegiatan penanaman pohon diharapkan seluruh siswa siswi tidak berhenti sampai penanaman pohon saja akan tetapi juga turut menjaga dan memelihara apa yang telah mereka kerjakan dengan cara merawat pohon dan tanaman yang telah ditanam. Bumi adalah rumah bagi semua siapa saja dengan menanam berarti kita merawat bumi. SMKN 3 PROBOLINGGO wajar kalau disebut sebagai sekolah favorit dan menyandang predikat sekolah terbaik karena dengan berbagai kegiatan positif dan juga prestasi yang telah diraih. (Tim)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


PENGADUAN ONLINE

RUANG IKLAN ANDA

Arsip

Kategori