Connect with us

NASIONAL

PRESIDEN JOKOWI Resmikan Renovasi Stadiun GELORA BUNG KARNO

Published

on

Jakarta. lingkaran.net

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu, 14 Januari 2018. Acara peresmian dilakukan pukul 18.45, sebelum laga persahabatan antara timnas Indonesia dan Islandia.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada sore hari ini, renovasi besar Stadion Utama Gelora Bung Karno saya nyatakan dengan resmi penggunaannya,” kata Jokowi dalam sambutan singkatnya melalui balkon VVIP.

Dalam acara ini hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri, di antaranya Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki. Hadir pula Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Edy Rahmayadi.

Renovasi Stadion Utama GBK dilakukan untuk menghadapi Asian Games 2018, yang digelar mulai 18 Agustus mendatang. Renovasi yang telah dilakukan sejak Agustus 2016 dengan kontrak. Rp Adi Karya (Persero) Tbk dan PT Penta Rekayasa Kerjasama Operasi dengan nilai Rp 769,7 miliar. PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia. PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia.

Seusai peresmian, sekitar pukul 19.00, laga persahabatan timnas Indonesia melawan dimulai. Pertandingan yang sedang berlangsung di GBKini disaksikan puluhan ribu penonton, yang menggunakan menggunakan dan pernak-pernik berwarna merah. Berdasarkan pantauan Tempo, stadion berkapasitas 80 ribu penonton itu terisi sekitar 80 persen.

Jenis kursinya meliputi single seat atau satu kursi dan dapat dilipat atau flip up yang telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi. Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kilogram dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme.

Presiden menambahkan, stadion tersebut juga sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan. Saat kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong.

“Stadion ini akan diterangi lampu berkekuatan 3.500 lux. Ini tiga kali lebih terang dari sebelumnya, tapi 50 persen lebih hemat karena menggunakan LED, bukan lagi lampu konvensional,” sebut Presiden.

Dari segi pencahayaan, lanjut dia, ini salah satu yang terbaik di dunia. Sistem pencahayaan GBK terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80.000 watt PMPO. Presiden meyakini, dengan tata suara seperti itu, lagu kebangsaan “Indonesia Raya” yang dinyanyikan pada upacara pembukaan akan terdengar lebih dramatis.

Adapun untuk permukaan lapangan akan berlapiskan rumput dari jenis terbaik, yaitu zoysia matrella, yang dilengkapi alat penyiram otomatis hingga sistem drainase antibanjir.

video saat pelaksanaan pekerjaan renovasi

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


PENGADUAN ONLINE

RUANG IKLAN ANDA

Arsip

Kategori