Connect with us

NEWS

Rencana Demo PMKRI di Depan DPRD kota Surabaya ditunda

Published

on

Lingkara.net Surabaya-Rencana aksi demo dan mogok massal yang di gelarkan oleh Organisasi

Kemahasiswaan yakni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia(PMKRI) Cabang Surabaya-Jawa Timur di depan Gedung DPRD Kota Surabaya,Selasa,13 Februari 2018, ditunda.

Esradus Selaku Humas Aksi mengatakan, “PMKRI Cabang Surabaya Menunda Aksi nya Terkait
penolakan terhadap RKUHP, penundaan aksi ini menyusul dikeluarkannya keputusan dari DPR terkait diperpanjangnya masa Kerja Panitia Kerja RKUHP DPR.
Namun PMKRI Surabaya akan mengadakan aksi dan mengandeng seluruh aktivis pergerakan, mahasiswa dan masyarakat, jika di kemudian hari terjadi kejanggalan terhadap penyusunan RKUHP.
Alasan penundaan aksi, karena PMKRI surabaya menilai, pernyataan sikap juga rilis yang dikeluarkan untuk aksi hari ini, telah terjawab semua dalam rapat Paripurna DPR pada tgl, 12 januari kemarin. Demikian”,Ujar Esradus kepada Lingkaran.net ,Selasa 13 februari 2018.

Dalm PERS RILIS yang diterimah Lingkaran.net kemarin Senin,12 Februari 2018 ada 5 tuntutan PMKRI CABANG SURABAYA :

“Pengesahan RKUHP tinggal menghitung hari saja. Namun masih menimbulkan polemik dimasyarakat. Banyaknya pasal yang multi tafsir (pasal karet) yang berpotensi membungkam kebebasan berekspresi,Ujar Esradus

ini 5 Alasan PMKRI Surabaya Menolak RKUHP
1. Rancangan KUHP lebih bersifat menjajah dan kolonial dari pada KUHP produk Belanda. Berwatak pemenjaraan dan bersift sangat zalim dengan berbagai kriminalisasi dan ancaman pidana sangat tinggi.
2. Rancangan KUHP tidak berpihak pada kelompok marjinal. Utamanya perempuan, anak, odha, minoritas, ( agama, kepercayaan, gender, identitas berbeda), masyarakat adat dan kelompok rentan lainnya.
3. Rancangan KUHP akan membunuh demokrasi dan mengekang kebebasan berekspresi dan berpendapat.
4. Rancangan KUHP tidak berpihak kepada keberadaan lembaga independen Negara, seperti KPK, BNN, Komnas HAM, komnas perlindungan perempuan dan lembaga-lembaga lainnya.
5. Rancangan KUHP akan mengancam program pemerintah untuk mensejahterakan rakyat utamanya, dalam isu-isu sosial, kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan.

Kemudian PMKRI melanjutkan dengan pernyatan Sikap seperti yang tercantum dalam Pers Rilis yang diterimah Lingkaran.net

“Maka dengan ini, PMKRI cabang Surabaya-Sanctus Lucas menyatakan sikap:

1. Menolak pengesahan RKUHP!
2. Mendesak DPR untuk meninjau kembali RKUHP sebelum ditetapkan/disahkan.
3. Mendesak DPR untuk membahas secara terbuka dengan melibatkan berbagai pihak dalam proses peninjauan RKUHP
4. Rancangan KUHP harus memihak dan melindungi rakyat, serta bebas dari kepentingan politik penguasa dan oknum-oknum tertentu.

Sementara Untuk Aksi selanjutnya kami akan konfirmasikan kepada Semua Awak media,uajar Esradus.

BAGAIMANA REAKSI DAN KOMENTAR ANDA?.
Share your vote!
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
Share this
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

NEWS

PEMUDA SONCOLELA BIMA MENGGELAR KEGIATAN LOMBA & GOTONG ROYONG BERSAMA MASYARAKAT SONCOLELA.

Published

on

Lingkaran.net Bima -Ikatan Pemuda Soncolela Kelurahan Matakando Kecamatan Mpunda Kota Bima Kembali melakukan gebrakan baru dengan mengadakan kegiatan Gotong Royong dan Lomba Kebersihan Tingkat RT di Lingkungan Setempat Pada hari ini Jum’at (16/2/2018).

Kegiatan tersebut Bertemakan “Lingkungan Bersih,Cerminan Kehidupan Sehat”.Sebagaimana yang dituturkan Ketua Panitia Kegiatan ini Armawati S.pd pada media Lingkaran.net bahwa Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08:00 Wib-selesai tersebut,Semoga bisa menyadarkan Masyarakat betapa pentingnya Kehidupan Bersih dan sehat Sekaligus kegiatan ini mensosialisasikan betapa pentingnya Memelihara kesehatan Lahir dan Bathin,Ujar Armawati

Armawati S.pd  Juga mengungkapakan Kebersihan lingkungan akan terwujud jika masyarakat setempat menyadari akan sebuah nilai kesehatan dan kegiatan ini tidak lepas dari peran pemuda,Tegas Armawati

Dalam Kegiatan Tersebut,Antusias Masyarakat sangat Besar dengan konsep acara yang di sajikan oleh teman teman IPES,dimana panitia menyediakan hadiah menarik yang akan di undi pada akhir kegiatan.Setiap warga yang membawa dan mengumpulkan sampah ke tempat kegiatan akan di berikan kupon berhadiah.
Ada beberapa Hadiah yang disediakan panitia yang dominan adalah alat alat rumah tangga seperti panci,Gelas,Wajan,sendok dsbnya.

Dalam kegiatan tersebut,turut hadir bapak wakil walikota bima H Arrahman H Abidin beserta jajaran,Polmas,dan tokoh Masyarakat setempat.
Aji man (sapaan H. Arrahman H Abidin) ikut pula berpartisipasi menyumbangkan dana senilai 2 jt rupiah yang diserahkan langsung kepada ketua panitia kegiatan.
Dalam sambutannya beliau berharap agar kegiatan positif bisa terus dilakukan oleh organisasi IPES baik dalam perbaikan Ahlak,Pendidikan,Kesehatan dan bidang bidang lainnya.Beliau juga berharap semoga kegiatan gotong royong dan lomba kebersihan ini bisa menyadarkan masyarakat betapa pentingnya kebersihan dan kesehatan.

Rep/Lila

BAGAIMANA REAKSI DAN KOMENTAR ANDA?.
Share your vote!
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
Share this
Continue Reading

DAERAH

SEJARAH BARU LABUAN BAJO MANGGARAI BARAT DEGAN PEMBANGUNAN KAMPUS POLITEKNIK.

Published

on

Labuan Bajo, Lingkaran.net – Pada Kegiatan peletakan Batu Pertama pembangunan gedung Perguruan Tinggi Politeknik Elbajo Comodus yang dihadiri oleh Bupati Manggarai Barat Drs.Agustinus Ch Dula,Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumo W beserta seluruh jajaranya,Dan Ramil Labun Bajo,Danpos Angkatan Laut Labuan Bajo,Komandan angakatan Udara,Sejumlah OPD tokoh Masyarakat setempat dan Undanganainnya,Sabtu 10/02/18.

Acara ini diawali dengan menggunakan adat Manggarai dan lansung oleh kepala adat setempat(Lancang) Bapak Teo Urus bersama toko Masyarakat Lancang dan sekitarnya. Kesan dari acara ini adalah agar pelaksanan pekerjaan pembangunan ini lancar,aman dan tidak mendapat hamabat,ujar Pak Teo Urus

Kini setidakanya sejarah Baru bagi Labuan Bajo-Manggarai Barat-Nusa Tenggara Timur setelab mekar menjadi Kabupaten Manggarai Barat 15 tahun Silam,belum ada perguruan tinggi buka di Labuan Bajo,ini seharusnya menjadi kebanggaan kita di Manggarai Barat,Ujar Bupati Manggarai Barat.

Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch Dula, saat memberikan sambutan mengatakan hari ini kita melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung kampus el Bajo Commodus.
Dengan demikian Labuan Bajo sudah banyak predikat, salah satu keajaiban dunia, sail NTT di Labuan Bajo. Dari satu pintu gerbang pariwisata Flores, NTT.

Dengan predikat ini, sehingga ada rumah sakit, tiba tiba ada bandara Labuan Bajo. Namun masih ada satu kekurangan,Kalau belum ada Perguruan Tinggi. Sebab Perguruan Tinghi merupakan mahkota dari sebuah daerah.
Hari ini terwujud sudah pembukaan Perguruan Tinggi di Labuan Bajo,padahl rencana pembngunan Perguruan Tinggi sejak tahun 2017 .
“Awalnya saya tidak semangat soal kehadiran Perguruan Tinggi di Mabar, sebab janjinya di buka pada 2017 silam, tetapi kini terwujud sudah, memang ternyata untuk membuka Perguruan Tinggi itu prosesnya panjang dan aturan rumit, sehingga Perguruan Tinggi baru di buka”ujar Bupati Agustinus.

Bupati Agistinus mengakui, dengan kehadiran Perguruan Tinggi di Labuan Bajo, maka Mabar melambung lagi, dan sudah pasti tiap tahun pasti selalu ada perubahan.
Kalau tiap tahun ada perubahan ini rahmat besar, dan kalau ada perubahan bukan tidak mungkin tidak dapat manfaat bagi masyarakat.
Mengakhiri sambutanya Bupati Agustinus mengajak anak di Manggarai Barat untuk melanjutkan pendidikan di Labuan Bajo tidak perlu lagi keluar daerah.

Ketua yayasan Bangkit Anak Negeriku Novi Halim mengatakan kehadiran Perguruan Tinggi di Labuan Bajo Manggarai Barat diharapkan mmpu memberikan yang terbaik untuk anak -anak Manggarai Barat.Dengan dibuknya kampus Perguruan Tinggi, anak -anak di Kabupaten Manggarai Barat menjadi hebat.
Menurut ibu Novi, mestinya perguruan tinggi ini sudah di bngun pada tahun 2017 lalu, namun karena masih kendala harus melalui perijinan yang panjang, sebab aturan untuk membuka Perguruan Tinggi cukup rumit, hingga tunda tahun ini.
Dirinya menghimbau, dengan di bukanya lembaga Perguruan Tinggi baru di Labuan Bajo, kiranya anak -anak dari Mabar tidak lagi melanjutkan kuliah luar daerah,tegasnya.

Sementara Kordinator
Kopertis wilayah VII,
Prof. Dasi Astawa dalam sambutan mengatakan baru pertama kali menyaksikan peletakan batu pertama pembangunan Perguruan Tinggi yang melibatkan semua elemen.
Menurut Astawa, kehadiran Perguruan Tinggi dalam suatu daeah sangatlah penting .Daam membngun suatu daerah peran Sumber Daya Manusia sangat penting.
Kabupaten Manggarai Barat sangat muda, tapi potensi luar biasa, namun belum maju, dan bukan karena keslahan Pemeritah Daerah, itu karena belum ada Perguruan Tinghi untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.
Pemerintah pusat akan mendirikan di Labuan Bajo Badan otorita Pariwista, dengan demikian posisi Labuan Bajo akan menyaingi Bali, sebab Labuan Bajo tidak berbeda dengan Bali.
Dirinya mengharapkan masyarakat untuk memanfaatkan kampus iini. Dengan demikian dirinya berharap anak-anak dari Mangarai Bart tidak perlu keluar daerah lagi untuk kuliah, dan untuk diketahui kalau kita mengirim anak kita kuliah di luar daerah ada banyak uang yang keluar, namun kalau kita hanya memanfaatkan kampus yang ada maka uang itu akan berputar di daerah ini dan jumlahnya tidak sedikit.
Pada kesempatan itu kordinator kopertis ini mengharapkan kepada pihak yayasan agar memanfaatkan dan mengutamakan pekerja lokal yang memiliki kualitas Sumber Daya Manusia yang di harapkan, Tegasnya.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumo W, pada kesempatan itu mengungkapkan kehadiran Perguruan Tinggi di Labuan Bajo ini merupakan hal yang luar biasa, karena ini berkaitan dengan pembangunan Sumber Daya Manusia.
” Kalau mau maju maka, bangun Sumber Daya Manusia”,ungkap Kapolres.

Menurut Kapolres Manggarai Barat, dengan berdirinya kampus ini di Labuan Bajo, mampu memberikan kontribusi besar untuk Manggaai Barat.

Ada program Pollri peduli sekolah, untuk memberikan peduli pada anak sekolah, kini baru beberapa sekolah yang dilakukan beberapa pendekatan.
Menurut Kapolres,banyak anak di Mangagarai Barat masih belum mengetaahui kemana mereka setelah menyelesaikan SMA, ketika kita pernah bertanya dengan mereka setelah ini mau kemana, apa ada yang punya cita-cita,namun sayang ketika di tanya seperti itu, kadang mereka tidak tahu mereka ke mana, bahkan mereka tidak mengetahui, apa cita-citanya, kondisi ini sangat sedih karena seusia mereka belum memiliki gambaran, Polres Mabar kini sedang berupaya mendampingi anak anak menawarkan kepada sekolah kalau mau mengikuti bimbingan di Polres,guna membantu mereka memberikan informasi.
Kapolres mengakui, pihaknya mencermati di pulau di Manggarai Barat tidk ada SMA. Sehingga banyak anak yang selalu mengirim ke kota. Dan kadang anak yang jauh dari orang tua, memiliki risiko,karena ank-anak Jauh Dari pantauan orang Tua.
dan kini telah bangun Perguruan Tinggi dan ini cukup bagus untuk mengembangak Sumber Daya Manusi di Manggarai Barat. Dan dirinya berharap Perguruan Tinggi ini bisa melakukan kerja sama dengan kepolisian. ,,,( Bahar)

BAGAIMANA REAKSI DAN KOMENTAR ANDA?.
Share your vote!
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
Share this
Continue Reading

Trending