Connect with us

JAWA TIMUR

Tangkal Berita Hoaks, Mabes Polri Adakan Literasi Media di Hotel Bumi Surabaya

Published

on

Foto : Keempat narasumber yang memberikan edukasi tentang berita Hoaks di Hotel Bumi Surabaya.

Surabaya, lingkaran.net- Polres Gresik tidak turut lupa mengirimkan netizen untuk mengikuti literasi media yang diadakan Mabes Polri pada Selasa (25/04/2018) pagi.

Acara yang diadakan di Hotel Bumi Surabaya, Jalan Basuki Rahmat,Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya menjadi tempat diskusi antara Polri, netizen, dan rekan media.

Ruangan Rajasa di lantai dua Hotel Bumi Surabaya dipadati 150 peserta mulai pukul 08.00 WIB. Para peserta terdiri dari rekan media, Polres, dan netizen di Jawa Timur (Jatim).

Acara yang diadakan Mabes Polri melalui Polda Jatim ini menarik bagi rekan media maupun netizen sendiri. Seperti pantuan wartawan lingkaran.net acara tersebut diperuntukkan para rekan media dan netizen menimba ilmu mengenai hoaks yang saat ini melaju cepat.

Diskusi antara pihak kepolisian, rekan media dan netizen ini diawali dengan ‘Coffe Break’ supaya para tamu semangat dalam mengikuti acara diskusi tersebut.

Sebagai pihak penyelenggara, Polda Jatim melalui Kabidhumas mengatakan terima kasih kepada para tamu dan peserta yang telah hadir dalam acara literasi media tersebut. Acara tersebut dimaksudkan untuk membantu pihak kepolisian dalam menangkal kasus hoaks, ujaran kebencian, dan kasus sara yang tersebar masyarakat luas khususnya warga Jawa Timur terutama Gresik.

“Saya sebagai perwakilan dari Polda meminta maaf kalau Pak Polda Jatim tidak bisa hadir. Saya juga terima kasih kepada para tamu yang hadir. Semoga para tamu, wartawan dan netizen dapat membantu pihak Polri khususnya Polda Jatim untuk menangkal berita-berita hoaks yang beredar di masyarakat,” kata Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera melalui perwakilannya.

Acara dilanjutkan diskusi dengan empat narasumber yang hebat yakni Kabag Humas Polri, AKBP Heru Yulianto, Kanit Subdit Tim Cyber Polda Jatim, Iptu Fajar Bangkit Utomo, Dimas aditya nugraha, perwakilan Kominfo, dan Arie.

Keempat nara sumber hebat tersebut menyatakan bahwa berita hoaks yang ada di Indonesia khususnya di Jawa Timur ini beredar dengan cepat di sosial media. Sebagian pengguna internet yang ada biasanya kalangan muda di bawah usia tiga puluh lima tahun.

Insert : Para rekan media yang hadir dalam acara tangkal Hoaks diadakan Mabes Polri di Hotel Bumi Surabaya.

Kalangan muda zaman ‘now’ ini biasanya turut membantu menyebarkan berita-berita hoaks tanpa menelaah dan membaca berita tersebut terlebih dahulu.

Dengan adanya diskusi antara netizen, wartawan dan polisi tersebut, kita bisa memilah berita-berita hoaks atau tidak.

“Semoga kawan-kawan yang hadir di acara ini dapat membantu kinerja polisi khususnya Polda Jatim dalam memerangi berita-berita hoaks yang tersebar di Jatim,” harap Iptu Fajar Bangkit Utomo, Kanit Subdit Tim Cyber Polda Jatim.

Acara diskusi dilanjutkan dengan pembagian sovernir untuk rekan media, para netizen dengan pengikut di atas 50000 dan para pemenang.

Acara diskusi ditutup dengan hiburan dan ramah tamah antara kepolisian, netizen, dan wartawan.

Acara diskusi berjalan lancar, aman, tertib, dan kondusif. (Sha)

Share this
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

JAWA TIMUR

Kaum Hamba Allah Bagi – bagi takjil

Sulaiman

Published

on

Foto Istimewah : Kebersamaan Kaum Hamba Allah

Surabaya,lingkaran.net – Semarak bulan suci Ramadhan sangat begitu penuh limpahan Rahmat ALLAH SWT hal ini membangkitkan rasa saling peduli antara sesama umat muslim pada khususnya dan hal ini merupakan momen yang paling di tunggu-tunggu kita sebagai Umat Muslim untuk berlomba-lomba mencari Hidayah, Pahala dan menjalin silahturahim berbagi bersama
Hal ini di rasakan oleh Komunitas Hamba Allah untuk ikut serta dalam pembagian tajil yang sore ini (24/05/2018) bertempat di pertigaan Rsi Wonokromo.

Foto : Terlihat Bagi bagi takjil pertigaan RSI

Salah satu  hamba allah memjelaskan.” Berbagi takjil ini, atas prakasa lima teman. Cak ayub, Cak mol, Cak aan, Cak harjo. Tahun lalu sudah kita laksanakan disamping itu kita dibantu komunitas SMP Panglima Sudirman angkatan 89. Disamping itu komunitas pangsud ini juga akan bagi-berbagi takjil titik lokasi di jembatan meer.

Foto : terlihat awak media juga membantu Bagi-bagi takjil.

Harapan kedepannya bisa berkelanjutan terus dan benyambung tali persaudaraan.” Jelas cak heru jagir
Acara pembagian tajil sangat di Apresiasi oleh masyarakat pada umunya, Masyarakat sangat antusias adanya acara pembagian takjil, sangat di rasakan para pengendara yang saat itu melintasi area pertigaan Rsi.(Sat/Hd)

Share this
Continue Reading

JAWA TIMUR

FOPI Kabupaten Malang Genjot Persiapan Kejurprov

Published

on

By

Malang, lingkaran.net-Meski masih tercatat sebagai cabor baru, tidak menyurutkan semangat pengurus Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Malang untuk berjuang menorehkan prestasi. Latihan gabungan tetap dilakukan secara rutin di bulan puasa, bertempat si SDN Ketindan 5. Latihan ini sengaja dijadwalkan sore hari, sekalian menunggu waktu berbuka.

Dengan menggunakan lapangan baru, dan berbekal boka(bola kayu) dan bosi (bola besi). Para atlet, pengurus dan pelatih bergantian berlatih berbagai teknik dalam olahraga petanque. Mereka tidak hanya berlatih di nomor single, namun juga nomor double dan mix. “Penempatan bola sudah mulai bagus untuk teknik pointing. Tinggal mengasah lagi teknik shooting supaya lebih maksimal.” terang Ayu, sekretaris FOPI Kab Malang saat mendampingi latihan Hari Kamis (24/5)

Beberapa pengurus saat mencoba teknik pointing

Latihan gabungan ini selain untuk ajang silaturohmi, juga dalam rangka persiapan kejurprov FOPI yang akan dihelat beberapa bulan lagi. Ini adalah langkah awal persiapan Porprov 2019. FOPI Kab Malang juga mengagendakan sosialisasi ke kecamatan-kecamatan di Kabupaten Malang untuk lebih memasyarakatkan olahraga Petanque. Cabor yang si Kabupaten Malang diketuai oleh Bapak Hartoyo ini sudah dipertandingkan di tingkat provinsi, nasional, hingga internasional, sehingga jenjang prestasi lebih menjanjikan.(Dian)

Share this
Continue Reading

JAWA TIMUR

Pendataan Penduduk Nonpermanen RT 4 RW 02 Kelurahan Nginden Jangkungan

Published

on

By

Foto Istimewah : Erna Sri Wulandari, S.Sos, MM, sedang memantau langsung kegiatan pendataan

Surabaya, lingkaran.net – Untuk mengatasi yang tidak diinginkan, sekaligus menjaga stabilitas ketentraman. Beberapa hari yang lalu, Kelurahan Nginden Jangkungan rutin mengadakan pendataan penduduk nonpermanen (musiman) di kos – kosan wilayah RT 4 RW 02.

Gelar pendataan penduduk nonpermanen diikuti lurah Erna Sri Wulandari, S.Sos, MM, Danramil Sukolilo, Kasie Trantib Kelurahan Sukolilo, Babinsa dan Babinkamtibmas Kelurahan Nginden Jangkungan, serta staf Kelurahan Nginden Jangkungan.

 

Foto : Lurah Erna Sri Wulandari, S.Sos, MM, Danramil 0831-04/ , Kasie Trantib Kelurahan, Babinsa dan Babinkamtibmas. Memberi pengarahan kepada penduduk nonpermanen.

Pendataan penduduk nonpermanen atau penduduk urbanisasi dari desa ke kota, yang mana telah diatur sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2015 tentang Pedoman Pendataan Penduduk Nonpermanen. Lurah Nginden Jangkungan menerangkan. “ Sangat efektif untuk kita ketahui, seberapa banyak penduduk nonpermanen yang mana kita harus antisipasi dengan kegiatan atau pekerjaan mereka dan kita perlu mengetahui apa latar belakang mereka datang ke surabaya.

Bagi mereka yang masih mahasiswa sudah jelas tujuannya datang ke surabaya, untuk di waspadai adalah mereka yang belum memiliki pekerjaan. Harapannya dengan diadakannya pendataan penduduk nonpermanen ini, masyarakat lebih kondusif agar tercipta lingkungan yang aman dan nyaman.” Jelas Erna Sri Wulandari, S.Sos, MM.

Dari hasil kegiatan rutin pendataan penduduk nonpermanen diwilayah RT 04 RW 02 hanya 19 orang, tentunya kegiatan seperti ini masyarakat mengharapkan diadakan secara berkelanjutan. ( dewik )

Share this
Continue Reading

PENGADUAN ONLINE

RUANG IKLAN ANDA

Arsip

Kategori

Trending

error: Content is protected !!