Connect with us

PENDIDIKAN

UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAUD OLEH DINAS PENDIDIKAN KOTA MALANG

Published

on

Malang, lingkaran.net – PAUD adalah tempat paling dasar/pondasi untuk seorang anak mulai belajar menuntut ilmu sebelum mereka melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

Suasana saat bimbingan teknis

 

Sebagai seorang pendidik khususnya guru PAUD, mereka dituntut memiliki kemampuan untuk berinovasi dan memiliki kreatifitas yang tinggi, karena yang mereka didik adalah anak-anak yang masih berusia dini.

Sejumlah peserta bimbingan teknis

Untuk mengatasi hal itu, Dinas Pendidikan Kota Malang mengadakan Bimbingan Teknis bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Malang dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Guru PAUD. Acara ini dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, M.Pd.

 

Pelaksanaan acara ini akan berlangsung selama 2 hari yaitu sabtu dan minggu (17-18/3/2018), dimulai dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB bertempat di Hotel Ijen Suites and Convention, Kota Malang. Pemateri pada acara ini adalah Ilhamuddin Nukman, S.Psi , Evania Yavie, S.Pd , M.Pd , Retno Tri Wulandari, S.Pd, M.Pd dkk.

Acara ini terdiri dari enam sesi, pada hari pertama yaitu sabtu (17/3/2018) acara pertama adalah registrasi peserta, pembukaan dan dilanjutkan dengan materi pengantar dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Zubaidah, M.Pd, dilanjutkan dengan sesi satu, ishoma, sesi dua, sesi tiga dan terakhir adalah evaluasi hari ke 1. Kemudian pada hari kedua, minggu (18/3/2018) acara akan dimulai dengan registrasi peserta, dilanjutkan sesi empat, ishoma, sesi lima, sesi enam dilanjutkan dengan Blended Learning dan Penutupan.

 

Peserta pada acara Bimbingan Teknis ini sebanyak 376 orang guru TK, 110 orang guru pos PAUD dan 61 orang guru KB dari berbagai sekolah yang ada di Kota Malang. Jika dijumlahkan, keseluruhan peserta adalah 547 orang.

 

Pada sesi tanya jawab dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Santi Dianita dan Fressy Aprilianti menanyakan beberapa hal seperti program-program dan juga beasiswa S1 maupun S2 untuk guru PAUD. “Untuk beasiswa S2 silahkan bisa dilihat web kemendikbud, disana sudah ada persyatannya”, Jawab Zubaidah.
“Sedangkan yang beasiswa untuk S1 sudah dijalankan hingga tahun 2014 silam”. Tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang juga menyajikan sebuah tayangan film inspiratif yang berjudul ‘Manilak Duam’, film ini tentang pentingnya sebuah keterbukaan dan kejujuran dalam pengelolaan anggaran lembaga sekolah. Bercerita tentang anak-anak kelas 3 SMA yang mengetahui tentang kecurangan dan penyalahgunaan anggaran di sekolahnya dan mereka berusaha untuk membongkarnya hingga mereka terancam tidak dapat mengikuti UNAS. “Jangan takut bicara, tanya, jika memang menemukan kejanggalan pada penggunaan anggaran sekolah”. Ucap Kepala Dinas Pendidikam Kota Malang dengan lantang. (Ayu dwi)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


PENGADUAN ONLINE

RUANG IKLAN ANDA

Arsip

Kategori