Connect with us

SOSIAL

Wabup Situbondo Ikuti Panen Padi Perdana Sistem Organik

Published

on

SITUBONDO, Lingkaran.Net- Wakil Bupati (Wabub) Situbondo Ir. H. Yoyok Mulyadi, M.Si melaksanakan panen perdana padi organik di sawah miliknya di Dusun Paser, Desa Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo. Senin, (16/04/2018)

Selain disaksikan KH. Zaki Abdulah pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam (PPMH) Panji Kidul, panen padi organik tersebut juga diikuti Camat Mangaran, Kadis Pertanian, kelompok tani, Polsek Mangaran, Danramil Mangaran serta berbagai tamu undangan lainnya.

Kepada jurnalis Lingkaran.net, Wabup Situbondo menerangkan, tujuan utama dari penanaman padi organik tersebut adalah untuk mengembalikan kesuburan tanah yang terdampak bahan kimiawi. Sehingga dengan pola penanaman secara organik dapat memaksimal hasil panen.

“Penanaman padi secara organik ini bisa menjadi alternatif para petani untuk meningkatkan tingkat kesuburan tanah tanpa campuran bahan kimia. Selain itu, juga bisa menjadi solusi petani dalam meningkatkan kualitas hasil panen. Misalnya, dalam 1 hektar jika mengunakan sistem organik bisa mencapai hasil 4 ton hingga 4,5 ton. Namun, jika menerapkan pola konvensional dapat menghasilkan panen sekitar 7 ton. Tetapi secara harga, nilai harga beras organik lebih tinggi daripada beras biasa,” jelas Yoyok Mulyadi

Sementara itu, KH. Zaki Abdullah pengasuh PPMH menuturkan, pihaknya sangat mendukung perbaikan kerusakan lahan pertanian dengan cara menggunakan sistem organik yang telah dicontohkan Wabub Situbondo.

“Saya berharap produksifitas sistem organik bisa tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat petani lainnya, serta bertambah luas lahan organik di Kabupaten Situbondo,” pungkas KH. Zaki Abdullah yang juga menjabat Ketua Ro’is Suriah PCNU Situbondo.

Uday

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


PENGADUAN ONLINE


: aduan@lingkaran.net

: 0821 3963 6484

RUANG IKLAN ANDA

Arsip

Kategori