Connect with us

JAWA TIMUR

173 Pemilih Ganda Dihapus KPU Tuban

Redaksi Lingkaran.net

Published

on

Rapat pleno terbuka KPU Tuban

Tuban, lingkaran.net – KPU Tuban telah menggelar rapat pleno terbuka untuk kembali menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Itu terkait adanya temuan daftar pemilih ganda setelah semua dilakukan verifikasi secara faktual, Kamis (13/9/2018).

Terdapat ratusan daftar pemilih ganda yang dilaporkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban. Berdasarkan hasil rapat dan juga kesepakatan, KPU Tuban akhirnya menghapus 173 pemilih ganda yang sebelumnya telah masuk dalam DPT.

Penghapusan tersebut merubah angka daftar pemilih tetap (DPT) yang telah ditetapkan oleh KPU Tuban beberapa waktu lau. Pasalnya, dengan penghapusan sebanyak 173 data itu secara otomatis mengurangi jumlah DPT yang ada sebanyak 934.444 pemilih.

“Yang dihapus sebanyak 173 pemilih. Sehingga rapat pleno perbaikan hari ini untuk jumlah DPT di Tuban ini sebesar 934.271 pemilih,” kata Kasmuri, Ketua KPU Tuban setelah rapat pleno terbuka.

Data pemilih yang ditemukan ganda itu dengan beberapa kriteria. Mulai dari nama sama, ganda tanggal lahir dan juga ganda Nomor Induk Kependudukannya (NIK) yang dua orang berbeda dengan NIK yang sama.

“Setelah semuanya dilakukan verifikasi dan pencermatan secara bersama-sama, kemudian DPT hasil perbaikan kita tetapkan. Hasil ini sudah diterima semua pihak, baik Partai Politik maupun Bawaslu,” lanjutnya.

Ketua Bawaslu Tuban menyatakan bahwa dengan adanya temuan data NIK yang sama untuk dua orang yang berbeda itu diharapkan pihak kependudukan juga harus dilibatkan untuk verifikasi. “Jangan sampai, dengan adanya salah data kependudukan hak suara mereka menjadi tidak terakomodir,” kata Sulamul Hadi, Ketua Bawaslu Tuban .

“Hasilnya ini sudah final, tetapi hanya untuk yang ganda. Ini bukan yang terakhir, nanti akan ada penetapan penetapan lagi untuk mengakomodir pemilihan pemula. Mereka harus diakomodir supaya bisa menggunakan haknya,” sambungnya.(Red)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


PENGADUAN ONLINE


: [email protected]

: 0821 3963 6484

RUANG IKLAN

Arsip

Kategori

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com