Connect with us

NTT

61 Sampel Swab Mabar dan 4 Kabupaten Di Daratan Flores Dikirim ke Kupang Dengan Helikopter BNPB

Putra Flores

Published

on

Helikopter BNPB Mabar yang selalu sedia dalam hal Emergency termasuk hantar jemput Sweb dari Mabar dan 4 kabupaten lainnya di Daratan Flores

Labuan Bajo, Lingkaran.Net – Sebanyak 61 sample Swab baru warga Manggarai Barat (Mabar) dan 4 Kabupaten di daratan Flores dikirim ke Laboratorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang, Minggu (17/5/20).

Dari 61 Sampel Swab tersebut, Mabar mengirim 27 sample, sisanya sample Swab dari Kabupaten lain diantaranya dari Manggarai, Manggarai Timur, Sikka dan Lembata.

27 sample Swab Manggarai Barat terdiri dari 12 sample SWAB Pasien yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya, 13 sample OTG yang melakukan kontak erat dengan Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dari kluster Gowa, dan 2 sample OTG dari kluster Magetan.

Dilansir dari media center Covid19 Kabupaten Manggarai,Agustinus Ch Dula selaku Bupati Kabupaten Manggarai Barat menyampaikan  kondisi lalu lintas penerbangan yang saat ini masih belum aktif sepenuhnya tidak menjadi hambatan bagi Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat untuk melakukan pengiriman sample SWAB ke Laboratorium di Kupang.

“Kita harus bersyukur karena NTT sekarang sudah punya Laboratorium PCR sendiri di Kupang, sehingga mempermudah kita mengirim sample Swab yang mau diperiksa sekalipun lalu lintas penerbangan saat ini sedang tidak aktif. Selain dekat, juga lebih efisien dari segi pembiayaan”, ujar Bupati Gusti.

Bupati Gusti menegaskan, sejak Januari 2020 ada 1 unit helikopter BNPB yang disiagakan di Bandara Komodo Labuan Bajo dan selama masa pandemi Covid-19 helikopter ini benar-benar dimaksimalkan untuk berbagai aktivitas pemantauan dan penyaluran logistik terutama perlengkapan medis seperti APD ke berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Bupati Gusti mengatakan, Pememerintah Kabupaten Manggarai Barat juga bersyukur, karena helikopter tersebut sangat efektif membantu selama masa pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19, terbukti dalam pengiriman sampel SWAB hari ini, helikopter tersebut turut mengangkut sampel Swab dari beberapa Kabupaten di daratan Flores baik Kabupaten yang berstatus zona merah maupun zona hijau.

“Helikopter ini makin maksimal penggunaannya karena dipakai untuk mengirim sampel Swab ke Kupang, bukan hanya sampel Swab dari Manggarai Barat saja, tetapi juga dari Kabupaten lain yang ada di daratan Flores. Pagi ini helikopter tersebut mengangkut sample Swab masing-masing dari Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Sikka, dan Lembata,” terang Bupati Gusti.

Untuk diketahui dalam perjalanan pulang dari Kupang, sekitar jam 18.00 Wita sore hari tadi helikopter BNPB kembali mendarat di bandara Komodo, dalam penerbangan pulang tersebut, helikopter membawa barang-barang berupa alat kesehatan dari Kupang.

Barang-barang tersebut antara lain berupa, VTM Kit, DACRON Kit serta Obat-obatan, Vaksin dan peralatan kesehatan untuk kebutuhan medis di Kabupaten Manggarai Barat.

Untuk vaksin terdiri dari vaksin rutin untuk bayi dan balita di Manggarai Barat, bukan vaksin Covid 19. Sebenarnya vaksin rutin tersebut sudah lama di kirim tetapi karena tidak ada transportasi akhirnya dikirim lewat helikopter, termasuk alat-alat untuk pengambilan dan pengepakan sampel Swab,akhirnya

Sumber: media Center Covid-19 Kabupaten Manggarai Barat

Advertisement


PENGADUAN ONLINE


: aduan@lingkaran.net

: 0821 3963 6484
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com