Connect with us

JAWA TIMUR

Bersih Deso, Tradisi Yang Tetap Abadi

Adi Prayitno

Published

on

Ambengan dalam rangka bersih deso Desa Siliragung

Banyuwangi, lingkaran.net – Ritual tahunan yang di laksanakan oleh setiap Desa se Kabupaten Banyuwangi dalam menyambut awal tahun penanggalan Masehi atau dalam penanggalan jawa di sebut bulan syuro, adalah tradisi “Bersih Deso”.

Bulan Syuro adalah bulan pertama pada hitungan penanggalan jawa, bulan di mana banyak sekali ritual tahunan yang di laksanakan oleh masyarakat Jawa. Dari sekian banyak ritual salah satunya adalah Bersih Deso (bersih desa). Kali ini giliran masyarakat Desa Siliragung yang menggelar bersih deso massal, massal dalam arti dilaksanakan serentak se Desa Siliragung.

Dalam ritual bersih deso kali ini seperti biasanya di awali dengan tradisi ambengan di tiap perempatan jalan yang di laksanakan pada sore menjelang maghrib, “Waktu menjelang maghrib itu kan termasuk waktu yang bagus untuk memohon, jadi itu yang mugkin menyebabkan leluhur kita dulu dan di teruskan sampai sekarang ambengan di laksanakan pada waktu yang sama, yaitu menjelang maghrib. Bersih deso itu intinya kan ritual berdo’a bersama untuk membersihkan desa dari semua balak dan bencana, juga sebagai ucapan syukur atas segala rejeki yang telah di berikan pada kita selama setahun ini, ucapan dan rasa syukur ini di tandai dengan ambengan” terang salah satu tokoh masyarakat Dusun Tegal wagah.

Selain ambengan pada gelaran bersih deso kali ini diadakan juga santunan anak yatim, Mahmudi salah satu anggota panitia penyelenggara acara saat di temui mengatakan “Semoga dengan kita menyantuni anak anak yatim ini ALLAH akan mengangkat dan menghindarkan kita semua dari segala balak dan bencana, serta kita di berikan rejeki yang melimpah” papar Mahmudi.

Gelaran rangkaian bersih deso akan di tutup dengan pagelaran kesenian tradisional Janger, sebagai hiburan bagi masyarakat. Sementara untuk esok pagi sampai selesai akan diadakan ruwatan massal di Aula Balai Desa Siliragung.

Sesuai dengan namanya “Bersih deso” masyarakat berharap desa Siliragung ini bisa tetap aman, damai, dan sejahtera.(LN-Bwi)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


PENGADUAN ONLINE


: aduan@lingkaran.net

: 0821 3963 6484
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com