Connect with us

NTT

Fatwa MUI Pusat:Zona Hijauh Boleh Sholat Id Di Lapangan,Ketua MUI Mabar:Sholat Id di Rumah Saja

Putra Flores

Published

on

Syakar A Jangku Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Manggarai Barat

Labuan Bajo,Lingkaran.Net – Idul Fitri yang sebentar lagi dirayakan oleh Umat Islam di seluruh Dunia Setelah melaksanakan Puasa sebulan penuh di Bulan Ramadhan 1441 Hijriyah atau bertepatan tahun 2020 terasah sangatlah menyedihkan bagi umat Islam,betapa tidak hari raya yang mestinya dilaksanakan secara berjamaah(bersama) baik di Lapangan atau di Masjid-masjid namun sebagian besar Umat Islam tidak melaksanakan Sholat Id di Lapangan atau Masjid-Masjid (Sholat Id di Rumah saja)

Salah satu Wilayah di Indonesia Khususnya Manggarai Barat tidak diperbolehkan untuk melaksanakan Sholat Iedul Fitri di Lapangan atau Masjid-Masjid, seperti yang disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Manggarai Barat Syakar A.Jangku Kepada Awak Media Lingkaran.Net melalui Chatting Wahtsap,Senin(17/5/2020).

“Sesuai pengumuman Bupati beserta Forkompimda dan MUI Mabar, dalam rangka preventif covid-19, maka sholat ied tahun ini di rumah saja. Tabe” jelas Syakar A.Jangku.

Meskipun Fatwa Majlis Ulama Indonesia Pusat berfatwa diperbolehkan Untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri bagi Zona Hijauh seperti FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor: 28 Tahun 2020
Tentang PANDUAN KAIFIAT TAKBIR DAN SHALAT IDUL FITRI SAAT PANDEMI COVID-19 Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), telah menimbang dan menetapkan bahwa

Pertama : Ketentuan Umum

Dalam fatwa ini yang dimaksud dengan : COVID-19 adalah corona virus desease, penyakit menular yang disebabkan oleh corona virus yang ditemukan pada tahun 2019.

Kedua:Ketentuan dan Panduan Hukum

I. Ketentuan Hukum
1. Shalat Idul Fitri hukumnya sunnah muakkadah yang menjadi salah satu syi’ar keagamaan (syi’ar min sya’air al-Islam).

2. Shalat Idul Fitri disunnahkan bagi setiap muslim, baik lakilaki maupun perempuan, merdeka maupun hamba sahaya,dewasa maupun anak-anak, sedang di kediaman maupun sedang bepergian (musafir), secara berjamaah maupun secara sendiri (munfarid).

3. Shalat Idul Fitri sangat disunnahkan untuk dilaksanakan secara berjama’ah di tanah lapang, masjid, mushalla dan tempat lainnya.4. Shalat Idul Fitri berjamaah boleh dilaksanakan di rumah.

5. Pada malam Idul Fitri, umat Islam disunnahkan untuk menghidupkan malam Idul Fitri dengan takbir,tahmid,tasbih,serta aktifitas Ibadah.

Selain itu Majelis Ulama Indonesia Pusat menetapkan pelaksanaan Sholat Idul Fitri sebagai berikut :

II. Ketentuan Pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Kawasan COVID-19
1.Shalat Idul Fitri boleh dilaksanakan dengan cara berjamaah di tanah lapang, masjid, mushalla, atau tempat lain bagi umat Islam yang:

a. berada di kawasan yang sudah terkendali pada saat 1 Syawal 1441 H, yang salah satunya ditandai dengan angka penularan menunjukkan kecenderungan menurun dan kebijakan pelonggaran aktifitas sosial yang memungkinkan terjadinya kerumunan berdasarkan ahli yang kredibel dan amanah.

b. berada di kawasan terkendali atau kawasan yang bebas COVID-19 dan diyakini tidak terdapat penularan (seperti di kawasan pedesaan atau perumahan terbatas yang homogen, tidak ada yang terkena COVID-19, dan tidak adakeluar masuk orang).

2. Shalat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri
(munfarid), terutama yang berada di kawasan penyebaran COVID-19 yang belum terkendali.

3. Pelaksanaan shalat Idul Fitri, baik di masjid maupun di rumah harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dan
mencegah terjadinya potensi penularan, antara lain dengan memperpendek bacaan shalat dan pelaksanaan khutbah.

Namun kendati demikian ketua MUI Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur tetap tegas untuk mengikut aturan pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat dan enggan menggunakan Fatwa MUI Pusat tersebut seperti yang beliau tegaskan saat dihubungi oleh awak media lingkaran.Net

” Fatwa jelas…lkuti pemerintah yg tahu tentang daerahnya” tegasnya.

Advertisement


PENGADUAN ONLINE


: aduan@lingkaran.net

: 0821 3963 6484
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com