Connect with us

Wisata

Hutan Kota Pakal Sumber Paru-paru kota yang terletak di sebelah barat kota Surabaya

Munawar

Published

on

Pintu masuk hutan kota Pakal

Surabaya, lingkaran.net – Penghijauan adalah salah satu program utama yang dicanangkan oleh pemkot Surabaya. Selain menjadikan kota Surabaya lebih Sejuk, penghijauan juga bisa menambah keindahan Surabaya.

Sejak dipimpin oleh Walikota  Tri Rismaharini, kota Surabaya memiliki lebih banyak ruang terbuka hijau dan taman. Mungkin karena latar belakang Wali Kota Surabaya yang berasal dari dinas pertamanan, maka tidak heran jika Surabaya memiliki taman yang indah dan mendunia.

Selain taman, Surabaya juga memiliki beberapa hutan kota. Beberapa hutan kota tersebut diantaranya adalah hutan kota Mangrove di daerah Wonorejo, kecamatan Rungkut Surabaya dan hutan kota Pakal yang berada di wilayah Pakal Surabaya barat.

Sesuai dengan namanya, Hutan kota pakal yang memiliki luas sekitar 6 hektar ini terletak di wilayah kecamatan Pakal Surabaya Barat. Berlokasi di sisi barat Surabaya, hutan kota pakal menjadi paru-paru kota Surabaya dan sudah menjadi destinasi wisata dalam dua tahun terakhir. Selain karena Tempatnya yang sejuk, wisata ini terbilang sangat murah meriah.

Suasana sejuk hutan kota pakal

“Saya sangat senang ada lokasi wisata alam yang berupa hutan kota di wilayah surabaya barat, selain tempatnya yang dekat dengan tempat tinggal saya, wisata disini juga terbilang sangat murah meriah, karena kita hanya bayar parkir saja dan tidak ada biaya masuk lagi. “ ungkap Meniek, salah satu pengunjung yang tinggal di wilayah Kuwukan Surabaya barat.

Suasana kesejukan yang dihadirkan di hutan kota Pakal memang jarang ada di kota besar. Sehingga bisa dijadikan destinasi wisata, bukan hanya untuk wisata pribadi atau keluarga, bahkan banyak juga kelompok organisasi yang memanfaatkan tempat ini menjadi sarana unjuk anjangsana dengan anggotanya.

Wiwin (kanan) anjar (tengah) meniek (kiri) pengunjung yang berswafoto di hutan kota pakal

“saya senang dengan adanya hutan kota pakal ini, suasananya yang sejuk  bisa dibuat referensi untuk kumpul-kumpul. Dan kebetulan saat ini saya sedang reuni dengan teman-teman dari SMPN 20 Surabaya.Tapi sayang masih kurangnya tanaman yang ada di sekitar, membuat tempat tersebut sedikit terkesan gersang. Mungkin karena tanamannya masih kecil jadi kurang terasa rimbun.” Ujar Wiwin, pengunjung asal Driyorejo yang baru pertamakali datang ke tempat ini.

Para pengunjung yang sedang berfoto di lokasi hutan kota pakal

Selain menawarkan kesejukan, didalam lokasi tempat ini juga terdapat beberapa lokasi pemancingan yang dibuat beberapa petak sehingga pengunjung selain menikmati kesejukan, juga bisa menyalurkan hobi memancing di hutan kota pakal, dan semuanya juga gratis. (ALAS)

Advertisement


PENGADUAN ONLINE


: aduan@lingkaran.net

: 0821 3963 6484
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com