Kopabsindo Gelar RAT Pertama, Ini Tujuannya

Suasana acara RAT Kopabsindo pertama di Bumi Cikeas Bogor

Deputi Bidang Kelembagaan Kemenkop dan UKM RI menghadiri RAT Kopabsindo pertama

JAKARTA, lingkaran.net – Koperasi Paguyuban Agen Brilink Seluruh Indonesia (Kopabsindo) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Bumi Cikeas Bogor, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020).

Suasana acara RAT Kopabsindo pertama di Bumi Cikeas Bogor

Tujuan Pelaksanaan RAT Kopabsindo salah satunya adalah memaparkan kinerja kepengurusan tahun pelaporan dimana termasuk pelaporan keuangan koperasi yang berisi neraca, laporan rugi laba dan perhitungan (Sisa Hasil Usaha) SHU.

Neraca Kopansindo tahun 2019

Pada RAT kali ini yaitu tutup buku Tahun 2019, KOPABSINDO menghasilkan laba sebesar 416 juta Rupiah.

Dari Laba tersebut dialokasikan Rp 207 juta untuk dibagikan sebagai SHU anggota. Selain itu laba tersebut juga mengalokasikan untuk Dana Diklat & sosial.

Perhitungan rugi laba Kopabsindo tahun 2019

Dalam AD/ART tentang mekanisme pembagian SHU, diatur pula bahwa PABSINDO sebagai organisasi paguyuban Agenbrilink mendapat alokasi 5 % Dari laba kotor atau Rp 10 juta.

Perhitungan SHU

Bendahara Kopabsindo, M Astari (Agenbrilink Kanwil Jkt 3) dalam kesempatan ini mengucapkan, “Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kontribusi para anggota koperasi memajukan koperasinya sehingga Kopabsindo maju dan sejahtera anggotanya. Juga memberikan kontribusi secara tidak langsung kepada Pabsindo dengan memberikan alokasi bagi hasil tersebut”.

Suasana acara RAT

Acara RAT Kopabsindo yang pertama ini mendapat apresiasi dari Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Rully Nuryanto, SE., M.Si. yang hadir mewakili Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (M.Solichin)