Connect with us

NASIONAL

Lupa Hari Ini 52 Tahun Supersemar

Published

on

lingkaran.net – Melawan lupa di tengah kesibukan aktifitas, 52 tahun lalu tepatnya 11 Maret 1966, sebuah peristiwa bersejarah menjadi titik sejarah baru terjadi. Dimana Surat Perintah Sebelas Maret atau yang dikenal dengan singkatan Supersemar kepada Soeharto ditandatangani Presiden Soekarno pada tanggal 11 Maret 1966.

Berbeda dengan peringatan-peringatan sebelumnya, di peringatan Supersemar kali ini, beberapa meme yang berisikan foto presiden kedua Indonesia itu ramai jadi perbincangkan netizen (pengguna media sosial), khususnya di Instagram.

lingkaran.net mencoba browsing mengunakan google  dengan ketik 11 maret atau #supersemar, salah satu meme yang ramai dan cukup menggelitik ingatan kolektif warganet, yakni foto presiden Soeharto yang tampak sedang mengisap cerutu dengan gimik wajah tersenyum.

Dalam meme tersebut, tertuliskan caption, “Kalian Terlalu Sibuk, Hingga Lupa Hari Ini Supersemar.”Sontak meme ini pun viral di jejaring media sosial dan memunculkan reaksi beragam dari para netizen.

Surat Perintah Sebelas Maret atau Surat Perintah 11 Maret yang disingkat menjadi Supersemar adalah surat perintah yang ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia Soekarno pada tanggal 11 Maret 1966. Surat ini berisi perintah yang menginstruksikan Soeharto, selaku Panglima Komando Operasi Keamanan dan Ketertiban.

(Pangkopkamtib) untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu untuk mengatasi situasi keamanan yang buruk pada saat itu.

Sumber Arsip Nasional

Surat Perintah Sebelas Maret ini adalah versi yang dikeluarkan dari Markas Besar Angkatan Darat (AD) yang juga tercatat dalam buku-buku sejarah. Sebagian kalangan.

 

sejarawan Indonesia mengatakan bahwa terdapat berbagai versi Supersemar sehingga masih ditelusuri naskah supersemar yang dikeluarkan oleh Presiden Soekarno di Istana Bogor.

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


PENGADUAN ONLINE


: [email protected]

: 0821 3963 6484

RUANG IKLAN

Arsip

Kategori

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com