Maksimalkan Penyaluran Bantuan, Pendamping PKH Kapongan Gelar Koordinasi Pemantapan

SITUBONDO,lingkaran.net – Upaya memaksimalkan tugas dan kinerja pendampingan di lingkungan Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) melakukan beberapa rangkaian kegiatan untuk mempersiapkan penyaluran bantuan PKH tahun Anggaran 2018 dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.
Adapun sebagian tugas pendampingan PKH yang dilaksanakan pada awal bulan maret diantaranya, menyelenggarakan Verifikasi Kesehatan dan Pendidikan (Verkesdik) serta Pembukaan Buku Rekening Kolektif (Burekol) sebagai persiapan penyaluran bantuan PKH Non Tunai.
Intan Prima Anggraini selaku Koordinator Pendamping Kecamatan kapongan menjelaskan, salah satu tugas pendamping PKH di Kecamatan Kapongan adalah mengelar rapat koordinasi, pertemuan kelompok, graduasi, kunjungan Verkesdik, termasuk pada bulan ini pembuatan Burekol.
“Dengan adanya Burekol, diharapkan dapat memudahkan penyaluran bantuan Non Tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tidak memiliki identitas kependudukan,” Pungkasnya
Selanjutnya, Lailatul Qamariyah yang juga pendamping PKH Kapongan berharap kepada KPM agar memanfaatkan bantuan PKH sebagaimana mestinya.Sebab, bantuan PKH ini bersyarat khusus kepada beberapa komponen yakni BUMIL, BALITA, APRAS, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, LANSIA dan DISABILITAS BERAT.
“Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat meminimalisir ketimpangan sosial dan angka kemiskinan,” tambahnya
Disamping itu, Fathor Rosi sebagai pendamping baru meminta kepada pendamping lama agar memberikan arahan dan bimbingan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Sehingga, penyaluran bantuan terhadap KPM di wilayah Kecamatan Kapongan berjalan dengan optimal serta realisasinya tepat sasaran.  ( Edi Podey )

Leave a Reply

Your email address will not be published.

10 + 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.