Connect with us

Birokrasi

Pemkot Blitar Dropping Air Bersih pada Warga Terdampak Kekeringan

Redaksi Lingkaran.net

Published

on

Warga terdampak kekeringan terima bantuan air bersih dari Pemkot Blitar

Blitar, lingkaran.net – Puluhan sumur warga di Kota Blitar mengering. Mereka meminta bantuan pemerintah untuk dropping air bersih.

Sumur warga yang terdampak kemarau panjang berada di Kelurahan Ngadirejo dan Sentul. Puluhan sumur warga mulai kering sejak sepekan terakhir.

Namun Kesbang Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Pemkot Blitar mengaku baru menerima permintaan dropping air pada Kamis (7/11) malam. “Kekeringan di sumur warga sudah sejak sepekan lalu. Tapi mereka bisa ngangsu (ambil) air dari sumur tetangga dekatnya yang masih banyak,” kata Kepala Kesbang PBD, Hakim Kisworo kepada detikcom, Jumat (8/11/2019).
“Baru semalam ini kami terima permintaan dropping air, karena mungkin sumur tetangga juga sudah sedikit airnya,” imbuhnya.

Dropping air dilakukan Kesbang PBD dengan bersinergi sama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan PMK Pemkot Blitar. Sebanyak 3 tangki mobil milik PMK digunakan untuk penyaluran air bersih. Tiap tangki memiliki kapasitas 5.000 liter.

Air sebanyak 15.000 liter ini dibagikan ke 16 kepala keluarga (KK) di RT 1,2 dan 3 Kelurahan Ngadirejo. Dan di Jurang Sembot Tegal, Kelurahan Sentul.
“Kemungkinan masih bertambah lagi ini ya. Kami akan keliling sekalian mendata, lokasi mana saja untuk dropping air berikutnya,” imbuh Hakim.

Seorang warga RT 02 Ngadirejo, Sunarti mengatakan, sumurnya mulai mengering sepekan lalu. Dia sudah mengurasnya dengan memanggil jasa pembersih sumur.

“Pas habis disedot lumpurnya itu ya keluar lagi airnya. Tapi gak banyak. Sekarang sudah asat (kering) lagi. Disedot Sanyo sudah ndak naik airnya,” terangnya.
Begitu juga dengan warga RT 01, Gatot. Warga berharap, hujan segera turun agar mereka tidak kesulitan mendapatkan air bersih lagi.

“Baru kali ini saya ngalami sumur kekeringan begini. Sudah hujan dua kali sebenernya di sini. Tapi pompa airnya sudah gak keluar air. Mungkin saking panjangnya musim kemarau kali ini. Semoga saja hujan segera turun lagi,” pungkasnya.(Tim)

Advertisement


PENGADUAN ONLINE


: aduan@lingkaran.net

: 0821 3963 6484
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com