Polres Tanjung Perak Tangkap Pelaku Penyalahguna Sabu Dengan Berat 7.239 Gram Dari Malaysia

Surabaya, lingkaran.net- Polres Pelabuhan Tanjung Perak kembali melakukan rilis Pengungkapan Kasus Penyalahgunaan Narkotika Jenis Sabu di Mako Polres Pelabuhan Tanjung Perak pada Kamis (07/01/2021) Pukul 13.00 WIB.

Dalam giat ini dipimpin langsung oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, didampingi Waka Polres Kompol Anggi Saputra Ibrahim, dan Kasat Narkoba AKP Jumbo Qantason.

Dalam Keterangannya Saat Konferensi Pers Kapolres Tanjung AKBP Ganis mengatakan, Dalam pengungkapan kasus ini, Polisi berhasil mengamankan tersangka SR, laki-laki (29) seorang pekerja serabutan, yang beralamat di Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang Madura.

“Kronologi pengungkapan kasus tersebut berawal dari informasi dari petugas Bea Cukai yang masuk ke Polres Tanjung Perak bahwa ada pengiriman paket melalui Ekpedisi PT. FAZZA INTI LOGISTIK berupa 1 (satu) buah kardus dengan no koli D5379 yang didalamnya ada barang yang mencurigakan,” Ungkap Ganis, Kamis (7/1/2021).

Atas informasi tersebut, kemudian petugas polisi Satresnarkoba Polres pelabuhan tanjung Perak melakukan penyelidikan dengan cara control delivery terhadap barang paketan tersebut sampai ke tujuan penerima barang.

Kemudian, Pada Hari Kamis (24/12/2020) petugas polisi Satresnarkoba melakukan control delevery terhadap barang paketan tersebut ke Kabupaten Pamekasan Madura.

“Pada saat barang paketan tersebut sampai ke alamat tujuan dan diterima oleh seseorang, petugas langsung melakukan penangkapan kepada tersangka yang mengaku bernama SR selaku penerima barang paketan tersebut,”Bebernya.

Saat di interogasi, tersangka SR mengakui bahwa paketan tersebut adalah kiriman dari NR (DPO) yang berada di Malaysia.

Menurut keterangan SR, dirinya disuruh oleh temanya yang bernama HV (DPO) dengan imbalan sebesar Rp. 20.000.000,(dua puluh juta rupiah).

Menurut pengakuan tersangka SR, dirinya baru sekali melakukan perkerjaan ini.kemudian tersangka beserta paket di bawa ke Polres.

Saat tersangka tiba di Polres Tanjung Perak, dilakukan pemeriksaan terhadap paketan yang dicurigai. Setelah dibuka, paket tersebut berisi Sabu dengan berat total 7.239 gram.

“Dalam kasus ini polisi menyita barang bukti berupa sebuah kardus dengan no koli D5379 yang didalamnya terdapat delapan bungkus plastik narkotika jenis shabu yang disembunyikan di dalam Tabung Compressor Merk D&D Warna Biru dengan Total berat bruto 7.239 gram beserta plastik pembungkusnya,” Tuturnya.

Atas perbuatanya, tersangka diancam dengan hukuman pidana penjara paling singkat 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun atau seumur hidup.  (Fir/Mun)