Connect with us

PERISTIWA DAERAH

PTPN XII Sumberjambe Potong Pohon Kelapa di Lahan Sengketa, Situasi Kembali Memanas.

Adi Prayitno

Published

on

Aldi (kaos merah) beserta masyarakat Dusun Sumberjambe saat berhadapan dengan Security di lahan sengketa
Banyuwangi, lingkaran.net – Perseteruan antara masyarakat Dusun Sumberdadi Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran dengan PTPN XII Sumberjambe kian memanas.
Bentrokan kembali hampir terjadi antar kedua belah pihak pada Jum’at (13/09/2019). Kali ini di picu oleh pemotongan pohon kelapa oleh PTPN XII di area yang di sengketakan, mendengar kabar bahwa PTPN XII Sumberjambe secara sepihak melakukan pemotongan pohon kelapa, masyarakat Dusun Sumberdadi beramai ramai mendatangi lokasi. Dengan mengerahkan satuan Security PTPN XII Sumberjambe mencoba menghadang massa.
Tiba di lokasi massa berhadapan langsung dengan Security, massa mempertanyakan dasar pemotongan pohon kelapa oleh PTPN XII Sumberjambe. Sempat terjadi perdebatan panas antara perwakilan pemuda Sumberdadi dengan Security, “Kami datang baik baik untuk menanyakan apa dasar yang di miliki PTPN XII Sumberjambe sehingga berani melakukan penebangan pohon pohon kelapa ini, apa dasar yang mereka punya untuk mengklaim bahwa tanah ini masuk HGU mereka, sedangkan sampai saat ini mereka tidak bisa menunjukkan bukti apapun terkait lahan ini”jelas Aldi salah satu tokoh muda Sumberdadi pada wartawan.
“Semestinya mereka paham bahwa tidak ada yang boleh melakukan kegiatan apapun selama tanah ini masih jadi sengketa, biar tidak menyulut keributan. Terus terang kami ragu pihak PTPN XII Sumberjambe memang benar benar punya HGU untuk lahan sengketa ini. Kalau memang mereka benar benar punya kami minta untuk di tunjukkan, bukan hanya bisa bilang bahwa bukti HGU ada pada direksi, PTPN XII Sumberjambe cuma menggarap, ini kan konyol namanya” imbuh Aldi.
“Kami akan terus berjuang dan memperjuangkan lahan hak kami sesuai dengan bukti yang kami miliki, yang selama ini lahan ini di kuasai PTPN XII Sumberjambe tanpa dasar yang jelas, dan kami akan terus melawan bila pihak PTPN XII melakukan penebangan atau kegiatan apapun di lahan sengketa ini sampai semuanya jelas” sambung Paidi yang juga tokoh muda Sumberdadi.
Sementara pihak Secutity berdalih mereka cuma dibtugaskan mengamankan aset PTPN XII Sumberjambe, sedang masalah bukti itu bukan urusan mereka.
Pihak PTPN XII Sumberjambe sendiri terkait masalah ini belum bisa di konfirmasi.(LN-Bwi)
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


PENGADUAN ONLINE


: aduan@lingkaran.net

: 0821 3963 6484
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com