Home / Nasional
  • Nasional

Dugaan Tipikor Pembangunan Puskesmas Andowia Tahun Anggaran 2018, Kini Dalam Proses Penanganan Polda Sultra

Rian Mokoginta
  • Rabu, 19 Mei 2021 15:02WIB
image

Konawe Utara, Sultra, Lingkaran.Net

Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Investigasi dan Anti Korupsi (Lidik) Sulawesi Tenggara (Sultra) menduga anggaran pembangunan gedung Puskesmas Andowia Kelurahan Andowia Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara (Konut) dikorupsi pihak tertentu dan telah di laporkan di Kepolisian Daerah (Polda) Sultra sejak, Rabu (16/12/2020).


Pembangunan gedung Puskesmas tersebut dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018 dengan pagu anggaran 1.887 miliyar, pelaksana CV. Bangun.


Ketua Lidik Sultra, Surdiman mengatakan, terkait masalah ini pihaknya sudah melaporkan kepada Kepolisian Daerah (Polda) Sultra. Menurutnya, pembangunan gedung puskesmas tersebut diduga dikerjakan asal jadi, dan kualitas bangunan tidak terpenuhi. Pasalnya baru dua tahun dibangun sudah mengalami keretakan bahkan ruangan di lantai dua tidak bisa digunakan dengan baik.


Berdasarkan nomor aduan B/404/IV/2021/Dit Reskrimsus, perihal pemberitahuan perkembangan Aduan Masyarakat (Dumas), rujukan laporan pengaduan nomor 34/LSM-Lidik-Sultra/XII/2020 tanggal 15 desember 2020.


Kini pihak kepolisian daerah Sultra telah mengeluarkan surat perintah tugas dengan nomor : SP. Gas/149/IV/2021 tanggal 12 April 2021. Perkara adanya indikasi dugaan tindak pidana korupsi terkait pembangunan gedung puskesmas andowia T.A 2018 pada pada dinas kesehatan kabupaten Konawe utara yang di adukan pada Dit Reskrimsus Polda Sultra, saat ini telah di tangani unit III Subdit III Tipikor Dit Reskrimsus Polda Sultra.


Bahwa perkara yang di adukan atas dugaan indikasi tindak pidana korupsi pembangunan gedung puskesmas andowia pada dinas kesehatan kabupaten konut, kini telah dalam kordinasi ke dinas kesehatan dan inspektorat Kabupaten Konawe utara, serta dalam penindak lanjutan hasil koordinasi bersama pihak inspektorat yang kemudian akan di tindak lanjuti dengan permintaan pemeriksaan khusus, atau pemeriksaan investigasi guna mengetahui jumlah kerugian keuangan negara atau daerah atas penggunaan dana terkait pembangunan gedung puskesmas andowia, tahun anggaran 2018 pada dinas kesehatan kabupaten Konawe utara.