Connect with us

LIFE STYLE

Saat Puasa Penderita Hipertensi Harus Atur Pola Makan Makanan seperti Ini Harus Dihindari

Redaksi Lingkaran.net

Published

on

Makanan yang harus dihindari penderita hipertensi disaat puasa

Lifestyle, lingkaran.net – Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) bekerjasama dengan Pusat Teknologi Terapan Kesehatan dan Epidemiologi Klinik, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI menemukan bahwa hipertensi merupakan faktor risiko stroke terbesar, hingga 77 persen.

Banyak orang tidak sadar mengidap hipertensi dan kebanyakan mereka tidak menjaga kondisinya.
dr Mursyid Bustami SpS(K) KIC MARS menjelaskan pada umumnya hipertensi tidak memiliki gejala yang khas. Sehingga banyak orang tidak menyadari bahwa dia telah menderita hipertensi.
Sementara kesadaran masyarakat untuk memeriksakan tekanan darah secara rutin masih sangat rendah. Sebagian besar masyarakat baru mengetahui bahwa dia menderita hipertensi setelah terkena penyakit akibat hipertensi.

“Jadi dengan kata lain diperlukan kesadaran memeriksakan diri secara rutin, untuk deteksi dini,” kata dr Mursyid, saat diskusi Peringatan Hari Hipertensi Sedunia bersama Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA), Jumat (25/5/2018).
dr Mursyid melanjutkan sebagian besar penderita hipertensi dapat dikategorikan sebagai hipertensi esensial, yaitu tidak disebabkan oleh kelainan atau penyakit di bagian tubuh lain.
Untuk mengendalikan hipertensi harus dengan mengonsumsi obat serta mengaturan pola hidup yang sehat.
dr Mursyid melanjutkan penderita hipertensi harus diet rendah garam, banyak mengkonsumsi buah dan sayuran, hindari stress, atur pola bekerja, istirahat yang benar serta olahraga yang cukup.

Hal ini sangat berperan dalam mengendalikan tekanan darah pada penderita hipertensi.
“Di bulan puasa ini, penderita hipertensi yang menjalankan ibadah puasa hendaknya menyesuaikan diri dalam memilih makanan. Jangan makan terlalu asin, mengatur pola hidup dan berolah raga. Jangan lupa pula untuk terus menjalankan perawatan dan rajin memonitor tekanan darah,” tambahnya.

Cek Kesehatan dari Rumah
Presiden Direktur Philips Indonesia, Suryo Suwignjo, menambahkan sebagian besar masyarakat memang tidak menganggap penting tindakan pencegahan, terutama deteksi dini.
Mereka hanya pergi ke fasilitas kesehatan ketika sudah jatuh sakit. Pola pikir seperti ini harus berubah. Kesadaran untuk hidup sehat memang sudah cukup baik, tetapi tidak demikian dengan deteksi dini.

“Sebagai perusahaan teknologi kesehatan, Philips berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan masyarakat melalui edukasi dan inovasi di setiap tahap rentang kesehatan. Kami ingin membuat orang-orang menyadari pentingnya mengadopsi gaya hidup sehat dan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk deteksi dini,” kata Suryo.
Salah satu solusi Philips, lanjut Suryo untuk pasien hipertensi, adalah Philips eCareCompanion.

Sebuah aplikasi telemedis yang mudah diakses pasien menggunakan tablet di rumah dan digunakan untuk membagikan informasi kesehatan dengan tim medis yang merawatnya.
Pasien bisa memasukkan informasi data kesehatan dan mengirimkannya ke tim perawat untuk ditinjau.
Pasien juga bisa menjawab pertanyaan survei, membalas email, menerima pengingat tentang rencana perawatan mereka dan melakukan video call dengan penyedia layanan kesehatan mereka.

“Indonesia memang belum semaju Amerika Serikat ataupun negara-negara Eropa, tetapi kita pelan-pelan mengarah ke sana. Harapannya, jika sudah sampai pada titik itu, solusi telemedis dan software development bisa menjadi salah satu solusi untuk memperkuat jangkauan akses layanan kesehatan di negara ini,” tutup Suryo.
Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA) merupakan perusahaan teknologi kesehatan yang berfokus pada peningkatan kesehatan masyarakat dan memungkinkan hasil yang lebih baik di sepanjang rangkaian layanan kesehatan, mulai dari gaya hidup sehat dan pencegahan, diagnosis, pengobatan hingga perawatan di rumah.(Red)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


PENGADUAN ONLINE


: [email protected]

: 0821 3963 6484

RUANG IKLAN

Arsip

Kategori

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com