Connect with us

KULINER

Segar dan Legendarisnya Es Bajigur Madiun

Redaksi Lingkaran.net

Published

on

Es Bajigur Madiun dinikmati bersama lumpia

Lifestyle, lingkaran.net – Warga Madiun yang suka dengan kuliner minuman pasti sudah tahu dengan Depot Es Bajigur di Jalan Cokroaminoto Nomor 77, Kelurahan Kejuron, Kecamatan Taman, Kota Madiun, yang legendaris.

Disebut legendaris, karena depot tersebut sudah buka sejak tahun 1967. Menu andalannya ya, es bajigur itu, yang beda dan unik dibandingkan dengan es bajigur lainnya, termasuk bajigur khas Jawa Barat yang menjadi daerah asal minuman tersebut.

Es bajigur dari Madiun ini komposisinya adalah minuman cokelat yang dicampur dengan kolang-kaling warna hijau. Tapi, bukan sembarang minuman cokelat. Cokelatnya sangat khas. Berbeda dengan minuman cokelat yang dijual di restoran ataupun kafe lainnya.

Berdasarkan informasi, rahasia kenikmatan es bajigur Madiun itu terdapat di racikan minuman cokelat dicampur gula jawa dan santan yang benar-benar menyatu, ditambah irisan kolang kaling yang kenyal.

Kenikmatannya menjadi sempurna dengan tambahan es batu. Cocok menjadi pilihan kuliner saat cuaca panas seperti saat ini.

Untuk camilannya, pemilik depot menjual jajanan lumpia dan risoles yang pas banget dimakan hangat-hangat sambil dicocol saus dan cabai rawit di sela minum es bajigur.

“Es bajigur Madiun ini rasanya tidak pernah berubah. Saya sudah jadi pelanggannya sejak zamanku SMA dulu tahun 1997. Sampai sekarang masih sering mampir jika kangen,” ujar seorang pelanggan, Kustina.

Adapun pengelola es bajigur Madiun yang sekarang ini, infonya merupakan generasi kedua, yaitu Harry Tanoto. Es bajigur yang melegenda di Kota Madiun tersebut merupakan resep turun temurun dari generasi pertama, Boediono Tanoto, dan istrinya, Boediarti.

Bagi pengunjung yang ingin mencicipi minuman lain, pihak pengelola depot juga menyediakan menu es lainnya, yakni es kopi, kacang hijau, sirup, es teh, soda gembira, dan lainnya.

Untuk harga, es bajigur Madiun dijual Rp10.000 per porsi. Sedangkan minuman dan camilan lainnya berada di kisaran harga mulai Rp3.000 hingga Rp15.000.

Buka dari jam 10.00 WIB hingga sore hari, depot es bajigur Madiun tidak pernah sepi dari pengunjung. Bagi anda yang kebetulan berkunjung ke Kota Madiun dan ingin mencicipi kesegaran es bajigur Madiun, silakan datang ke kedainya yang letaknya tak jauh dari bangunan Klenteng Madiun.

Pewarta: EkW

Advertisement


PENGADUAN ONLINE


: aduan@lingkaran.net

: 0821 3963 6484
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com