Connect with us

LIFE STYLE

Sendang Asmoro Ikon Wisata Alam Berdayakan Masyarakat

Redaksi Lingkaran.net

Published

on

Sendang Asmoro ikon wisata alam Tuban

Tuban, lingkaran.net – Kabupaten Tuban memiliki banyak tempat wisata alam yang menyajikan pesona keindahan. Seperti Sendang Asmoro (Telaga Asmara) yang berlokasi di Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Tuban, Jawa Timur.

Obyek wisata alam Sedang Asmoro Tuban

Sendang Asmoro ini berlokasi tidak terlalu jauh dari pusat kota Tuban. Hanya butuh waktu tempuh sekitar 15 menit sampai 20 menit saja untuk sampai di wisata alam ini. Hanya saja akses menuju lokasi cuma bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat.

Meski demikian, Sendang Asmoro tidak pernah sepi dari padatnya pengunjung. Terlebih saat musim libur. Wisatawan yang datang tidak hanya dari dalam kota saja, namun juga luar kota Tuban. Seperti Lamongan, Bojonegoro, Gresik, Mojokerto, Surabaya, dan Rembang  Jawa Tengah.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini adalah santai menikmati udara sejuk dan duduk di pinggir sendang. Jika matahari terlalu terik, tinggal berteduh di pondok sederhana yang dibuat oleh warga. Jangan lupakan makanannya ya, dengan bersantap aktivitas liburanmu akan semakin lengkap.

Air Sendang berwarna hijau dan tenang, terdapat ikan yang hidup di dalamnya. Pengunjung dapat memberi makanan. Kamu bisa mendapatkannya dari warga yang memang menjajakan pakan ikan. Beli sebanyak yang kamu mau dan taburkan ke permukaan sendang. Ikan-ikan akan langsung bergerombol saling berebut makanan. Atraksi yang sederhana tapi tetap nampak istimewa.

Keberadaan Sendang asmoro ini pun tak hanya sebagai tempat wisata. Lebih dari itu, telah mampu memberdayakan dan meningkatkan pendapatan ekonomi warga setempat.

Air yang mengalir ke Sendang Asmoro berasal dari sumber alami yang dijamin kesegarannya. Ternyata hal tersebut belum cukup. untuk menarik perhatian lebih banyak orang. Maka itu dibuat spot-spot foto cantik dalam berbagai bentuk. Seperti lambang hati penuh warna seperti ini. Cantik bukan? Dan masih banyak wahana permainan lainnya seperti flying fox dan lain-lainnya.

“Total ada 28 pedagang dan 15 orang karyawan dari warga desa kita yang kini mendapat tambahan ekonomi dari wisata alam ini. Alhamdulillah,” kata ketua pengelola Wisata Sendang Asmoro, Hartono, Senin, (02/01/2020).

Hartono menjelaskan, keberadaan wisata alam seluas 2 hektar ini, mendapat dukungan dan sambutan baik dari warga. Tidak sedikit dari mereka yang merasa mendapatkan manfaat positifnya. “Masyarakat juga mendukung penuh. Dan misi kita pengelola wisata ini memang untuk pemberdayaan masyarakat sini,” sambungnya.

Salah satu spot foto yang disediakan obyek wisata alam Sendang Asmoro Tuban

Hal menarik dan menjadi unggulan dari wisata Sendang Asmoro ini sendiri adalah nuansa alam pedesaan yang rindang dan hijau. Didukung wahana keluarga seperti kolam renang anak, gazebo, rumah baca, spot foto, bebek air, flying fox dan wahana apik lainnya.

“Total omzet kita sebulan bisa mencapai Rp 300 juta lebih. Jumlah pengunjung rata-rata 500 lebih di hari libur. Kalau sebulan totalnya 6000 lebih pengunjung,” jelas bapak dua anak ini.

Tiket masuk wisata Sendang Asmoro tergolong sangat terjangkau, pengelolan hanya mematok harga Rp 5000 untuk anak-anak dan Rp 8000 untuk dewasa. Dengan uang sebesar itu, pengunjung sudah bisa bebas menikmati nuansa rindangnya wisata alam pedesaan Ngino.

Melihat potensi dan sambutan yang begitu baik dari pengunjung, pengelola pun akan berkerja sama dengan Perhutani Tuban untuk memperlebar dan megembangkan potensi wisata Sendang asmoro. “Kita juga ada MOU dengan Perhutani Tuban untuk memanfaatkan 12 hektar lahannya untuk konservasi dan pengembangan wisata kita ini. Insya Allah akan mulai jalan di 2020 nanti,” imbuhnya.

Hartono berharap, wisata alam Sendang Asmoro Desa Ngino ini bisa terus berkembang menjadi salah satu objek wisata alam favorit di Tuban. “Ya semoga semakin ramai dan menjadi destinasi favorit wisatawan dari berbagai daerah,” ucapnya.

Pewarta : Doni

Advertisement


PENGADUAN ONLINE


: aduan@lingkaran.net

: 0821 3963 6484
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com