Connect with us

JAWA TIMUR

Serba Serbi Kota Surabaya Budaya Makanan dan Ciri Khas Kota Surabaya

Published

on

Ilustrasi serba-serbi kota Surabaya

Surabaya, lingkaran.net – Kota Surabaya merupakan kota multi etnis yang kaya akan budaya. Beragam etnis bermigrasi ke Surabaya. Sebut saja etnis Melayu, China, India, Arab dan Eropa sementara etnis Nusantara sendiri antara Lain Madura, Sunda, Batak, Kalimantan, Bali, Sulawesi datang dan menetap, hidup bersama serta membaur dengan penduduk asli membentuk pluralisme budaya yang kemudian menjadi ciri khas kota Surabaya.

Sentra Ikan Bulak

Inilah yang membedakan kota Surabaya dengan kota-kota lainnya di Indonesia. Bahkan ciri khas ini sangat kental mewarnai kehidupan pergaulan sehari-hari. Sikap pergaulan yang sangat egaliter, terbuka, berterus terang, kritik dan mengkritik merupakan sikap hidup yang dapat ditemui sehari-hari. Bahkan kesenian tradisonal dan makanan khasnya mencerminkan pluralisme budaya kota Surabaya.

Melalui makanan khas Kota Surabaya, kita tingkatkan peran wisata kuliner guna mengembangkan pariwisata di Jawa Timur”. Kegiatan ini tujuannya meningkatkan kreatitivitas pelaku usaha pariwisata bidang makanan dan minuman (Mamin) khususnya penyedia makanan khas daerah yang menarik, sehingga dapat dijadikan daya tarik wisata kuliner masyarakat, wisatawan nusantara maupun manca negara. Festival lomba masakan tradisional didukung oleh Camat Bulak Suprayitno dan Lurah Bulak Khusnul Amin yang akan diselenggarakan di Sentral Ikan Bulak.

Budaya daerah, tradisi dan gaya hidup yang berbeda di setiap daerah merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung. Budaya daerah ini antara lain, kesenian, pakaian adat, upacara adat, gaya hidup, dan kepercayaan.(Yahya)

 

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


PENGADUAN ONLINE


: [email protected]

: 0821 3963 6484

RUANG IKLAN

Arsip

Kategori

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com