Connect with us

Kalimantan Selatan

Tidak Hanya Tmmd, Binter Tingkat Nasional pun Diraih Kodim PPU

Avatar

Published

on

SAMARINDA. Lingkaran-net – Komando Distrik Militer (Kodim) 0904 Tanah Grogot Korem 091/Aji Surya Natakusuma (ASN) Kodam VI/Mulawarman (Mlw) yang berada di Kabupaten Paser ditetapkan sebagai Juara I lomba Bina Teritorial (Binter) yang dilaksanakan Mabes TNI Angkatan Darat (Mabes AD).

Atas pencapaian prestasi tersebut, Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Czi Widya Wijanarko menerima tropi dan piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa bertepatan dengan kegiatan Apel Danrem dan Dandim TNI AD Terpusat di Mabesad, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019)

Kodim Paser juara untuk kategori klasifikasi B, menyisihkan puluhan kodim dari berbagai daerah di Indonesia.

Kasad pada kata sambutannya mengatakan agar para Danrem dan Dandim se-Indonesia mampu menjaga kondisi kesegaran anggotanya dengan cara berolah raga setiap hari. Kasad juga menghimbau kepada para Pangdam, Danrem dan juga Dandim agar selalu dapat mengembangkan potensi diri dan kreatif dalam mendukung tugas TNI AD.

Kasad memberikan contoh dalam merayakan Hari Jadi Angkatan Darat, diharapkan agar para Pangdam, Danrem serta Dandim dapat mengisinya dengan kegiatan yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat seperti bersepada santai dan sebagainya, sehingga apa yang dilakukan oleh TNI AD dapat dirasakan, disenangi dan dikenang warga masyarakat.

Sedangkan Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Czi Widya Wijanarko menuturkan “Lomba binter merupakan ajang penilaian terhadap Kodim di berbagai daerah, dengan tipe dan klasifikasinya”.

Untuk kodim tipe A, adalah kodim yang berada di ibu kota atau kota besar. Tipe B yang berada di kabupaten/kota. Tipe C yaitu kodim di daerah perbatasan. Sedangkan kodim tipe D adalah kodim di wilayah rawan konflik.

Dandim juga mengatakan, aspek penilaian pada lomba binter ini yakni komunikasi sosial (komsos) TNI dengan masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat, hingga komsos dengan unsur Forkopimda.

“Selain itu yang dinilai bina pertahanan wilayah seperti pembekalan wawasan kebangsaan kepada masyarakat, bina satuan, bina pangkalan, dan bina materil kesatuan lainnya,” ujarnya.

Tim penilai dari Mabes TNI AD pada lomba binter ini, lanjut Dandim, juga melihat aspek lain yakni bakti sosial TNI dengan masyarakat dan Pemda, hingga pemberdayaan pemuda di daerah setempat.

“Beberapa waktu lalu Kodim telah menggelar lomba futsal. Aspek itu salah satu yang dinilai, sebagai bentuk bakti TNI di bidang olahraga dan pemuda,” ucapnya.

Dandim mengatakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilakukan di Desa Suliliran Baru, salah satunya membuka jalan pertanian desa sepanjang 4 Kilometer, adalah aspek lain yang dinilai.

Dandim mengatakan dengan prestasi yang diraih ini, akan menjadi motivasi bagi Kodim 0904 Tanah Grogot untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dan akan terus membantu serta mendukung dalam kemajuan Kabupaten Paser.

Adapun para pemenang Lomba Binter Tingkat Kodim TA 2019 secara lengkap adalah :

1. Untuk Kodim Klasifikasi A sebagai Juara pertama Kodim 0501/BS JP Kodam Jaya, Juara kedua Kodim 0733 BS/Semarang Kodam IV/Diponegoro, Juara Ketiga Kodim 0101/BS Kodam Iskandar Muda

2. Untuk Kodim Klasifikasi B (yang berada di wilayah Kotamadya dan Kabupaten) juara pertama Kodim 0904/Tanah Grogot Kodam VI/Mulawarman, Juara kedua Kodim 0116/Nagan Raya Kodam Iskandar Muda dan Juara ketiga Kodim 1303/Bolmong Kodam XIII/Merdeka

3. Untuk Kodim Klasifikasi C (yang berada di wilayah perbatasan negara dan pulau terluar) Juara pertama Kodim 1701/Jayapura Kodam XVII/Cenderawasih, Juara kedua Kodim 1508/Tabelo Kodam XVI/Patimura dan Juara ketiga Kodim 1204/Sanggau Kodam XII/Tanjung Pura.

Sumber Penrem 091/ASN

Advertisement


PENGADUAN ONLINE


: aduan@lingkaran.net

: 0821 3963 6484
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com