Tolak Kedatangan Presiden Joko Widodo di Kendari, KMB Gelar Demonstrasi

Kendari, Sulawesi Tenggara, Lingkaran.Net
Konsorsium Mahasiswa Bersatu (KBM) Sulawesi Tenggara (Sultra) megelar aksi diperbatasan baruga ranomeeto menolak kedatangan Presiden Joko Widodo di kota kendari. Senin, 19 Oktober 2020.

Beredar informasi tentang agenda kedatangan Presiden Joko Widodo di kota kendari guna meresmikan jembatan Bahteramas kendari dan pabrik gula yang berada di kabupaten bombana.

Dalam orasinya Koordinator Lapangan (Korlap) Muh. Sulhijah mengatakan kegiatan aksi yang mereka lakukan saat ini merupakan buntut dari apa yang terjadi setelah 1 tahun kepemimpinan Jokowi-Maruf.

“Gerakan ini adalah gerakan yang berangkat dari adanya kegagalan kepemimpinan Presiden Jokowi-Maruf, mulai dari Persoalan TKA di Morosi, Corona, HAM, sampai dengan soal Omnibus Law” ungkapnya.

Selanjutnya Sulhijah juga menyebutkan Haram kedatangan Presiden Joko Widodo di Sultra sebelum adanya penyelesaian kasus HAM Alm. Randi dan Alm. Yusuf Kardawi, serta tindakan represif dari aparat kepolisisan yang sampai saat ini merajalela dan tidak adanya komitmen penyerapan tenaga kerja yang ada di Sultra.

“Haram hukumya jika hari ini Presiden Joko Widodo menginjakan kaki di bumi anoa” tegasnya.

KBM Sultra juga menegaskan akan komitmen dalam gerakan menolak kedatangan Presiden Joko Widodo di Sultra.

“Aksi hari ini merupakan aksi seremonial, dan akan ada aksi selanjutya yang akan kami bangun untuk menolak kedatangan Pak Presiden Joko Widodo” Tutupnya