Connect with us

JAWA TIMUR

Waspada Tuberkolusis, Puskesmas Sumberagung Bersama PT.BSI Bentuk GERDU TOSS TB

Adi Prayitno

Published

on

Pembentukan kader GERDU TOSS TB di Puskesmas Sumberagung
Banyuwangi, lingkaran.net – Mencegah lebih baik daripada mengobati, dengan motto inilah terbentuk “GERDU TOSS TB” yaitu Gerakan terpadu temukan obati sampai sembuh tuberkolusis.
Inovasi GERDU TOSS TB ini merupakan hasil kerjasama antara Puskesmas Desa Sumberagung dengan PT. BSI (Bumisuksesindo) sebagai pemegang hak tambang emas yang beroperasi di wilayah Desa Sumberagung. Di temui di tempat kerjanya pada Selasa (09/10/2019) kepala pukesmas Sumberagung Sugianto menjelaskan bahwa pemberantasan TB (tuberkolusis) memerlukan kerjasama dari berbahai pihak, dan harus dilakukan gerakan terpadu antara masyarakat, pemdes, dinkes dan CSR yang peduli.
“Pembentukan kader GERDU TOSS TB ini sangatlah penting guna melakukan langkah cepat dengan mencari, mendata, dan melakukan langkah pengobatan bagi pasien yang memang telah menunjukkan gejala gejala yang mengarah bahwa pasien terjangkit tuberkolusis” jelas Giyanto.
Sebagai langkah awal dan komitmen pembentukan kader GERDU TOSS TB ini Puskesmas Sumberagung bersama pemdes sumberagung dan PT. BSI akan melakukan pelatihan terhadap calon calon kader GERDU TOSS TB, kegiatan pelatihan kader ini akan di pandu langsung oleh dr.NIAR, dan sebagai koordinator pelatihan program adalah  BASUKI.
Inovasi GERDU TOSS TB ini juga merupakan wujud kepedulian PT. BSI terhadap kesehatan masyarakat sekitar, untuk itu kegiatan ini sepenuhnya di support oleh PT. BSI, sehingga terkait semua kegiatan mulai dari pelatihan, insentif kader maupun reword di biayai oleh BSI.(Sutrisno)
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


PENGADUAN ONLINE


: aduan@lingkaran.net

: 0821 3963 6484
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com